Makanan Kelinci

By | 8 Juni 2018

Makanan Kelinci – Ada banyak sekali jenis kelinci dan ada beberapa jenis kelinci yang hanya di budidaya dan di pelihara saja di rumah. Untuk merawat kelinci yang di budidaya maupun yang di ternakan yang sangat penting adalah makanan dari kelinci yang akan anda berikan karena jika anda sampai salah memberikan makanan terhadap kelinci maka kelinci anda bisa terkena penyakit pencernaan.

Makanan Kelinci

Gambar Makanan Kelinci

Ada banyak sekali jenis makanan kelinci namun yang di butuhkan dalam kandungan makanan kelinci adalah serat, konsentrat, dan juga vitamin. Semua kandungan tersebut harus ada dalam setiap makanan kelinci yang akan anda berikan, walaupun ada makanan kelinci yang alami seperti sayuran tetapi kita juga harus tetap memberikan vitamin dan juga pelet untuk menjadikan kelinci anda semakin sehat.

Makanan Kelinci

Makanan kelinci sangat beragam dan anda juga bisa memilihnya untuk membeli atau membuat sendiri. Menurut saya lebih baik untuk membuat sendiri jika anda memberikan makanan terhadap kelinci ternak atau budidaya karena kita akan menakar sendiri kandungan yang ada di dalam makanan kelinci ternak anda dan akan menjadikannya lebih gemuk lagi.

Jika untuk kelinci peliharaan anda bisa membeli pakan pelet, pelet juga mempunyai banyak sekali merknya dan di berbagai merk mempunyai kandungan yang berbeda – beda, dan saya sarankan untuk tidak sering mengganti – ganti makanan kelinci untuk pelet ini apalagi jika kelinci anda masih anakan atau berumur 3 bulan kebawah karena kelinci anda akan mengalami mencret.

Makanan Kelinci Anggora

Dengan beragamnya makanan untuk kelinci jadi saya akan memberikan kepada anda rekomendasi makanan untuk kelinci anggora anda agar kelinci anggora anda bisa mendapatkan bulu yang cantik dan juga kinclong dan yang terpenting kelinci anggora anda bulunya tidak rontok dan juga kotoran dari kelinci anggora anda tidak berbau. Untuk anda yang memelihara kelinci anggora anda bisa memberikannya pelet.

Jika kelinci anggora anda berumur 2 bulan anda bisa memberikan hay atau rumput kering, dan rumput kering juga mempunyai beberapa jenis yaitu bermuda hy, coastal hay, dan juga orchard grass pilihlah jenis hay yang baik untuk kelinci anggora anda. Untuk pelet mungkin saya akan menyarankan untuk membeli pelet merk morning sun dan juga pelet merk nova.

Makanan Kelinci Kecil

Jika anda mempunyai kelinci yang masih kecil atau berumur 2 bulan kebawah sebaiknya anda memberikannya makanan yang lunak dan tidak terlalu keras karena pencernaan kelinci kecil yang berusia 2 bulan kebawah ini belum bisa langsung memakan yang keras – keras. Oleh karena itu anda sebaiknya memberikan makanan yang lunak – lunak saja.

Kelinci kecil bisa diberikan sayuran seperti kangkung, kol, dan sawi makanan sayuran tersebut juga mudah untuk di temukan dipasar. Sayuran tersebut juga mengandung air yang lumayan yang pas untuk di berikan kepada kelinci kecil, namun menurut saya sebaiknya sebelum memberikan makanan sayuran tersebut sebaiknya dijemur dahulu agar kandungan airnya tidak terlalu banyak.

Anda juga bisa memberikan kepada kelinci kecil anda pur ayam, ampas tahu, dan dedak. Makanan seperti pur ayam, dedak dan ampas tahu ini juga mempunyai harga yang relatif murah dan juga bisa membuat kelinci kecil anda menjadi mudah untuk tumbuh besar. Sebaiknya makanan tersebut diberikan kepada kelinci kecil anda di pagi hari.

Kelinci kecil anda juga bisa diberikan makanan sejenis umbi dan makanan yang terkenal dan sering sekali di pasangkan dengan kelinci adalah wortel. Memang kelinci makan wortel dan itu merupakan makanan yang sehat juga untuk kelinci kecil anda. Anda juga bisa memberikan sisa buah misalnya anda makan semangka dan semangkanya pasti tidak akan dimakan di bagian kulit jadi anda bisa berikan ke kelinci kecil anda.

Makanan Kelinci Yang Sehat

Jika anda mencari makanan yang sehat untuk kelinci anda, saya sarankan untu memilih antara sayuran, rumut hay, buah – buahan, dan pelet. Jika anda ingin memberikan kelinci kecil adna sayuran sebaiknya anda memberikannya saat sudah di keringkan karena ada beberapa sayuran yang mempunyai kandungan air yang banyak dan bisa menyebabkan kelinci anda diare atau mencret.

Anda juga bisa memberikan buah – buahan atau sisa dari buah – buahan yang bagian kulit, walaupun sisa kelinci akan suka dengan makanan tersebut karena itu merupakan makanan alami kelinci. Jika anda mempunyai budget yang lebih anda bisa membeli hay atau rumput kering dan juga pelet, pilihlah hay dan pelet yang sesuai dengan kelinci kecil anda karena berbeda merk berbeda juga kandungannya. Saya sarankan untuk anda yang ingin memberikan kelinci kecil anda pelet sebaiknya jangan sering berganti – ganti merk karena kelinci bisa saja mengalami penyakit pencernaan karena kelinci kecil pencernaannya masih rentan.

Untuk makanan kelinci umur 2 bulan yang sehat sebaiknya anda berikan pelet atau dedak karena untuk umur 2 bulan kebawah kelinci masih mempunyai pencernaan yang lemah. Dan untuk makanan anak kelinci anda masih bisa memberikan suus dari indukan atau penambahnya pelet dan hay.

Makanan Kesukaan Kelinci

Untuk makanan kesukaan kelinci sangat bermacam – macam dari makanan alaminya seperti buah – buahan dan sayuran – sayuran. Sekarang dengan kemajuan jaman banyak yang membuat pelet dan rumput kering atau hay untuk pakan kelinci anda. Untuk masalah kesukaan kelinci anda biasanya tergantung kelinci ada yang suka ada yang tidak.

Jika kelinci merasa suka makanan tersebut biasanya kelinci akan lebih cepat dalam memakan makanan yang di berikan anda sebaliknya jika kelinci tidak suka kelinci akan makan lebih lambat dan sering tidak di habiskan.

Jenis Makanan Kelinci

Untuk jenis makanan kelinci ada beberapa seperti air, jerami atau pelet, dan makanan segar. Walaupun kelinci jika terlalu banyak air akan mencret namun air juga sangat penting untuk kelinci anda, Jerami atau pelet merupakan makanan yang pokok untuk kelinci peliharaan karena bisa menimbulkan efek kotoran kelinci tidak akan berbau.

Anda juga harus sesekali memberikan kelinci anda makanan segar karena secara alami kelinci memakan makanan segar jadi anda juga harus memberikan makanan segar ke kelinci anda.

Makanan Favorit Kelinci

Apa makanan kelinci yang favorit adalah yang mempunyai banyak nutrisi seperti contoh kangkung, wortel, lobak, singkong, daun singkong, lobak, sawi, daun turi, daun lamtoro, kacang – kacangan, talas, daun pepaya dan masih banyak lagi. Berikanlah makanan tersebut agar kelinci anda mempunyai nutrisi yang cukup dan kelinci anda bisa terhindar dari berbagai penyakit dan juga bisa menjadi lebih sehat. Kelinci anda juga bisa menjadi lebih panjang umurnya  dan tidak mudah mati.

Untuk makanan yang diatas juga bisa menjadi makanan kelinci yang baik tetapi anda juga bisa menambahkan pelet, dan jerami atau hay.

Makanan Kelinci Biar Cepat Gemuk

Untuk makanan kelinci yang membuat kelinci cepat besar ini biasa digunakan oleh para peternak kelinci. Para peternak kelinci mempunyai makanan kelinci agar cepat besar yaitu dengan mencampurkan beberapa makanan dan pelet atau yang paling sering digunakan adalah ampas tahu yang seringnya di campur dengan pelet dan beberapa makanan kesukaan kelinci.

Makanan tersebut juga bisa untuk makanan kelinci rex karena kelinci rex juga merupakan kelinci yang besar dan banyak para peternak yang ingin mempunyai kelinci rex yang besar dengan daging yang banyak pula. Dengan anda juga bisa memberikan selingan seperti vitamin juga. Untuk hewan peliharaan anda bisa memilih pelet guyofeed yang merupakan pelet lokal yang sering digunakan para peternak untuk membuat kelinci menjadi lebih besar.

Makanan Kelinci Hamil

Untuk kelinci yang sedang hamil anda harus memberikan makanan yang lebih banyak dan juga mempunyai kandungan nutrisi dan konsentrat yang lebih banyak karena agar janin yang dikandung kelinci yang hamil akan lebih kuat. Makanan yang mempunyai konsentrat tinggi dan nutrisi yang tinggi anda bisa memilih memberikan pelet.

Pilihlah pelet yang benar yang mempunyai kandunga tersebut. Saya menyarankan untuk membeli pelet merk morning sun yang terdapat di petshop atau anda bisa membeli pelet yang ada di peternakan karena pasti para peternak mempunyai pelet khusus untuk kelinci yang hamil.

Sekian ulasan tentang makanan kelinci semoga anda bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaaat dan anda bisa lebih baik dalam merawat kelinci anda.

Yang kamu cari :

    makanan kelinci, makanan favorit kelinci, makanan kesukaan kelinci, makanan kelinci yg bergizi, efek makanan kepada kelinci, makanan kelinci supaya tidak bau dan cepat besar, Jenis sayuran yg bagus buat kelinci supaya cepet gemuk, Makanan favorit ke, berapa harga makanan untuk kelinci hay, buah khusus kelinci

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *