Menu Tutup

Kelinci Ucul

Kelinci Ucul – Dengan terkenalnya hewan yang imut dan menggemaskan ini banyak sekali yang menjadikannya sebagai bahan untuk mencari pundi – pundi uang seperti menjadikannya boneka , konsumsi , pakaian , dan yang unik adalah menjadikan nama kelinci ini untuk nama lagu campursari yang berjudul kelinci ucul yang dalam bahasa indonesia ucul artinya lepas . Jadi kelinci ucul artinya kelinci lepas .

Kelinci Ucul
Gambar Kelinci Ucul

Lagu Kelinci ucul ini termasuk dalam golongan lagu campursari . Lagu campursari biasanya berisi bahasa dari jawa oleh karena itu hanya kalangan masyarakat jawa yang tahu tentang arti dari lagu campursari . Untuk lagu kelinci ucul ini sangat mempunyai arti yang sangat unik untuk di ulas pada artikel ini jadi bacalah dengan cermat dan teliti agar bisa memahami arti dari lagu kelinci ucul ini .

Kelinci Ucul

Lagu campursari kelinci ucul ini merupakan lagu legendaris yang dinyanyikan oleh nurhana lagu ini juga sering sekali dibuat covernya seperti dibuat oleh didi kempot . Lagu ini sangat merdu karena mempunyai nada diatonis yang bisa menghipnotis kita saat mendengarkannya , Berikut lagu kelinci ucul lirik .

Bawa Gambuh :

Aduh Kelinciku Ucul

Mangka Iku Dadi Katresnaku

Ngalor Ngidul Tepung Gelang Mung Kecelik

Saiba Bungah Rasaku

Yen Mulih Bakal Tak Pondhong

Langgam :

Ngubengi Kuta Sak Teruse Ing Desa Desa

Marga Aku Anggoleki Sing Tak Tresnani Klinciku Ucul

Lunga Mangetan Surabaya Trus Nyang Bali

Mangulon lunga nyang Bandung ora Ketemu

Trus aku nyang Jakarta

Jebul ora ketemu aduh klinciku aja mbeda aku

Trus bali nyang Semarang klinciku wis ana ing kandang

Lha jebulane grusa – grusu keburu napsu

Wekasane montang – manting ragate akeh

Aku dhewe sing kebanting

Lagu ini jika kita artikan mempunyai arti tentang seorang pemilik kelinci yang sedang mencari kelinci yang hilang ia sudah pergi jauh – jauh namun setelah kembali lagi kelinci itu ternyata ada di kandangnya . Seperti halnya tembang lagu jawa lainnya lagu kelinci ucul ini pasti mempunyai amanatnya dan amanah tersebut adalah kita jangan terlalu bernafsu jika ada sesuatu yang hilang pikirkan dulu dia ada dimana jangan asal bertindak .

Lagu Kelinci ucul ini dibuat oleh seorang pencipta lagu tembang jawa terkenal yaitu ki narto sabdo . Beliau juga sangat piawai dalam memainkan gending jawa bukan hanya lagu kelinci ucul yang dibuat olehnya tapi masih ada puluhan lagu yang sudah ki narto sabdo buat seperti contoh kelinci uculSwara SulingAja Dipleroki Lesung Jumengglung , dan masih banyak lagi .

Ki narto sabdo ini lahir pada tanggal 25 agustus 1925 di kota klaten , dan beliau meninggal pada tanggal 7 oktober 1985 di kota semarang sebelum meninggal beliau sudah mewariskan banyak sekali lagu yang sering di nikmati oleh seniman – seniman muda dan ada 319 judul lagu (lelagon) atau gendhing yang melalui grup karawitannya bernama Condong Raos yang beliau dirikan .

Lagu kelinci ucul ini jika anda dengarkan seperti lagu dolanan atau dalam bahasa indonesia lagu permainan yang biasa dipakai untuk mengiringi saat anak kecil bermain . Lagu kelinci ucul ini juga mempunyai nada yang sangat sederhana dan jika anda cermati ada filosofi yang terdapat pada legu kelinci ucul ini .

Filosofi lagu kelinci ucul ini adalah menceritakan tentang seseorang yang sangat mencintai atau menyayangi yang dicarinya . Filosofi tersebut di buktikan dengan lirik yang ada di lagu kelinci ucul ini yaitu Aduh Kelinciku Ucul , Mangka Iku Dadi Katresnaku yang mempunyai arti tersendiri yaitu aduh kelinci ku lepas padahal kelinci itu adalah kelinci kesayangan .

Dan sang pemilik mencarinya sampai berpindah – pindah kota yaitu surabaya dan jakarta demi mendapatkan kelinci yang di sayang  hal tersebut di buktikan dengan adanya lirik seperti Ngubengi Kuta Sak Teruse Ing Desa Desa , Marga Aku Anggoleki Sing Tak Tresnani Klinciku Ucul yang mempunyai arti memutari kota dan desa demi mencari kelinci yang disayangi .

Hingga akhirnya sang pemilik itu kembali ke kota semarang dan akhirnya dia menemukan kelincinya yang ternyata ada di kandang dan hal tersebut dibuktikan dengan adanya lirik seperti Trus bali nyang Semarang klinciku wis ana ing kandang yang mempunyai arti bahwa sang pemilik akhrinya kembali ke kota semarang dan mendapati kelincinya sudah ada di kandang .

Untuk amanah yang bisa kita dapat dari lagu kelinci ucul ini adalah jika kita kehilangan sesuatu yang sangat disayangi janganlah kita mencarinya jauh – jauh terlebih dahulu carilah dengan sabar di daerah terdekat dahulu jangan karena nafsu anda akan langsung mencarinya kemanapun , hal tersebut di buktikan dengan lirik kelinci ucul yang seperti ini  , Lha jebulane grusa – grusu keburu napsu , Wekasane montang – manting ragate akeh , Aku dhewe sing kebanting yang artinya ternyata ternyata saya ceroboh gara – gara nafsu , pergi kemana – mana tapi saya yang pusing .

Di era sekarang jika anda mencari lagu ini sudah ada beredar di internet kelinci ucul mp3 dengan format mp3 anda bisa memasukannya ke hp anda dan mendengarkan lagu kelinci ucul ini dengan bebas tanpa harus menunggu ada pementasan tembang jawa di daerah anda maupun di televisi .

Lagu campursari kelinci ucul ini sekarang juga bukan hanya sinden dari atau orang jawa atau orang indonesia yang bisa menyanyikan tembang jawa ini karena ada seorang wanita asal jepang yang mampu menjadi sinden dan menyanyikan lagu kelinci ucul ini . Nama wanita tersebut adalah Hiromi Kano yang merupakan sinden yang berasal dari jepang .

Pertama kali menyanyikan dalam sebuah event adalah saat pagelaran Ciputra World Surabaya (CWS) Hiromi Kano yang seorang sinden dari jepang ini tidak tanggung – tanggung dia langsung menyanyikan beberapa tembang jawa seperti kelinci ucul , Kumandang Suroboyo , Janur kuning , Ular kambang , kelinci ucul , dan tembang khas jakarta jali – jali .

Sinden jepang tersebut langsung membuat penonton yang datang ke ciputra world surabaya terpukau melihat dia bisa menyanyikannya dengan lancar padahal hiromi kano tersebut berasal dari jepang . Tetapi hiromi kano menyatakan bahwa ada kesusahan menyanyikan tembang jawa karena hiromi kano sulut mengatakan huruf n walaupun terdapat kesalahan tetapi hiromi kano membawakan tembang jawa tersebut dengan sangat memukau .

Hiromi kano mengaku menyukai tembang jawa adalah saat tahun 1996 saat ia pertama kali datang ke indonesia masyarakatnya yang menyukai tembang – tembang jawa yang membuat hiromi kano menjadi ingin mempelajari tembang – tembang jepang tersebut .

Itulah ulasan tentang lagu campursari kelinci ucul buatan ki narto sabdo yang benar – benar sangat populer bukan hanya di kalangan masyarakat indonesia tetapi ada masyarakat luar negeri seperti contoh hiromi kano ini yang mau belajar tembang jawa ini dan mementaskannya . Semoga para generasi muda indonesia mau melestarikan kembali dan melahirkan banyak sinden – sinden muda berbakat yang bisa melestarikan tembang – tembang jawa atau campursari . Sekian dan Terima Kasih .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *