Menu Tutup

Kelinci Sumatera

Kelinci Sumatera – Jika anda penggemar binatang yang menggemaskan dan imut seperti kelinci ini anda pasti hanya mengenal beberapa jenis kelinci saja seperti anggora , kelinci lop , kelinci new zealand white , dan sebagainya . Sebenarnya ada juga kelinci yang terlupakan oleh anda yang berasal dari indonesia tepatnya daerah sumatera nama kelinci ini yaitu kelinci sumatera .

Kelinci Sumatera
Gambar Kelinci Sumatera

Pasti anda kaget bahwa di sumatera bukan hanya ada harimau sumatera tetapi ada juga kelinci sumatera yang keberadannya mungkin sama dengan harimau sumatera . Jadi sebelum kelinci sumatera ini menjadi benar – benar punah sebaiknya anda sudah tahu ciri – ciri kelinci ini agar anda juga bisa menceritakan kepada orang – orang yang memang belum mengetahui kelinci sumatera ini .

Kelinci Sumatera

Kelinci sumatera ini mengalami penurunan populasi karena di sumatera terdapat perambahan hutan , kelinci sumatera ini hidup pada hutan tropis di pegunungan yang terdapat pada bukit barisan di pulau sumatra indonesia . Kelinci sumatera ini mempunyai ukuran 40 cm , warna bulunya coklat dan terdapat garis – garis hitam pada bagian bulunya .

Dengan menurunnya jumlah populasi kelinci sumatera ini maka jika ada yang jual kelinci sumatera akan dikenai hukuman karena menjual hewan langka yang dilindungi , kelinci sumatera ini mempunyai ekor kecil yang berwarna merah , dan di bawah perut kelinci sumatera ini berwarna putih , kelinci sumatera ini hidup pada dataran tinggi yang yang berkisar 600 sampai 1400 meter dari permukaan laut .

Kelinci sumatera ini aktif pada malam hari atau biasa disebut hewan nocturnal dan kelinci ini hidup pada liang yang sudah tidak ditinggali oleh hewan lain , makanan dari kelinci sumatera ini hanya pucuk daun muda dan beberapa tanaman – tanaman pendek , akan tetapi untuk kelinci sumatera yang sedang ditangkarkan biasanya memakan biji – bijian dan beberapa buah – buahan .

Peternakan Kelinci di Sumatera Utara

Jika anda sedang mencari kelinci dan anda berlokasi di sumatera utara anda bisa mencari peternakan kelinci di daerah medan disana banyak kelinci yang sangat terawat dan sehat . Tetapi jika anda ingin mencari kelinci sumatera anda tidak bisa mencarinya di peternakan karena kelinci sumatera itu sudah di tangkarkan dan anda bisa menemuinya dimana ada kelinci hutan sumatera yang merupakan habitat kelinci sumatera yang langka .

Dengan anda membeli kelinci yang berada di peternakan anda akan mendapatkan kelinci yang sehat dan terawat apalagi anda bisa mendapatkan beberapa ilmu dari para peternak kelinci secara langsung dari cara merawat kelinci , makanan yang baik untuk kelinci , dan cara memandikannya . Anda juga bisa mencari kelinci untuk indukan di peternakan karena biasanya di peternakan jika anda mencari kelinci indukan anda akan diberikan riwayat kelinci tersebut sudah berapa kali melahirkan dan hamil .

Habitat Kelinci Sumatera

Kelinci Nesolagus netscheri atau biasa di sebut dengan kelinci sumatera ini adalah kelinci dari indonesia yang tepatnya berasal dari sumatera , kelinci sumatera ini terkenal sangat langka sampai jika ingin melihat kelinci ini saja sangat susah . Terakhir terlihat kelinci sumatera ini terlihat secara langsung adalah tahun 1972 dan baru terlihat lagi pada tahun 2000 sampai 2007 itupun hanya menggunakan camera trap bukan dari langsung melihatnya dengan mata telanjang .

Kelinci sumatera ini merupakan kelinci endemik dari sumatera , jadi habitatnya adalah di hutan – hutan tropis yang ada di sumatera seperti gunung kerinci , gunung barisan , dan gunung leuser . Kelinci sumatera ini hidup pada dataran yang tingginya berkisar 600 m sampai 1600 meter . Untuk sekarang kelinci endemik sumatera ini tidak di ketahui berapa populasinya yang pasti kelinci sumatera ini sangat langka pada habitat aslinya .

Pada tahun 2008 kelinci sumatera ini dimasukan oleh IUCN Redlist pada status konservasi “Vulnerable” atau rentan , tetapi kelinci sumatera ini juga pernah diberikan statu “Critically Endangered” atau terancam dan pernah juga dengan status Endangered atau terancam di tahun 1994 .

Hal yang membuat kelinci sumatera ini menjadi sangat langka adalah hutan – hutan habitatnya yang sudah di babat habis oleh para pengusaha dan di jadikan sebagai lahan pertanian untuk menanam teh , kakao , dan juga kopi . Dan bukan hanya itu saja seforestasi hutan akibat pembakaran hutan juga menjadi faktor lain kenapa kelinci sumatera ini menjadi sangat langka .

Nama Ilmiah Kelinci Liar Sumatra

Nama latin kelinci sumatra ini adalah Nesolagus netscheri  dan klasifikasi kelinci sumatera adalah Nesolagus yang merupakan genus kelinci yang terdiri dari tiga spesies kelinci bergaris: kelinci bergaris Annamit, kelinci bergaris Sumatera, dan spesies N. sinensis yang telah punah. Secara keseluruhan sangat sedikit yang bisa kita ketahui tentang genus ini secara keseluruhan, sebagian besar informasi tentang Nesolagus ini hanya berasal dari kelinci Sumatera.

Kelinci sumatera ini sebenarnya kelinci satu – satunya yang masuk klasifikasi Nesolagus sampai ditemukannya kelinci belang annam pada daerah dataran annam di vietnam dan laos . Dengan keunikan kriteria evolusi dan lemahnya dalam populasi para ahli yang ada di Zoological Society of London menganggap kelinci sumatera ini bisa saja mengalami kepunahan .

Untuk klasifikasi ilmiah dari kelinci ini adalah Kingdom: Animalia , Filum: Chordata , Kelas: Mammalia , Ordo: Lagomorpha , Famili: Leporidae , Genus: Nesolagus , dan Spesies: N. netscheri .

Harga Kelinci Sumatera

Dengan habitatnya yang semakin menipis dan juga populasi kelinci sumatera ini yang sangat memprihatinkan kelinci sumatera ini tidak boleh di perjual belikan , jika terdapat ada yang memperjual belikan anda bisa terkena penjara karena menjual binatang – binatang yang rentan akan kepunahan . Harusnya kelinci sumatera ini di tangkarkan dan di lindungi .

Dengan adanya hutan lindung yang ada di sumatera harusnya bisa menjadikan habitat untuk kelinci sumatera ini agar para generasi muda bisa tahu bahwa ada kelinci endemik sumatera yang sangat cantik dengan bulu yang belang dan telinga yang kecil ini bisa di perlihatkan secara langsung bukan dengan menggunakan gambar saja .

Itulah penjelasan kelinci sumatera yang populasi sekarang belum bisa di tentukan dan untuk melihat secara langsung saja sudah susah jadi kita sebaiknya melindungi hewan – hewan yang sudah di kategorikan dalam hewan rentan punah agar anak cucu kita juga bisa melihatnya dengan langsung . 

Menjaga kebersihan dan menjaga ekosistem alam kita adalah contoh kecil apalagi jika kita benar – benar melindungi hutan dari para orang – orang yang ingin mengubahnya ke lahan pertaanian dan hanya memikirkan uang tanpa memikirkan reboisasinya . Apalagi para pengusaha tersebut biasanya menggunakan cara membakar hutan agar tidak perlu melakukan dengan menebangnya dan juga dengan membakar para pengusaha tidak mengeluarkan banyak uang .

Jadi kita sebaiknya memberi contoh kepada orang lain untuk melindungi hewan – hewan endemik dari indonesia bukan hanya kelinci sumatera juga , pemerintah juga seharusnya memberikan banyak hukuman untuk para pembakar hutan ilegal dan penebang pohon karena hal tersebut membuat para hewan endemik kehilangan habitat aslinya . Sekian dan Terima Kasih .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *