Menu Tutup

Kelinci Satin

Kelinci Satin – Untuk anda para penggemar kelinci pasti mengetahui banyak jenis tentang kelinci tetapi apakah anda mengetahui kelinci satin . Kelinci satin ini jika kita membandingkannya dengan kelinci lain anda pasti berfikiran bahwa kelinci itu sama saja jenisnya . Hal itu biasa terjadi karena kelinci satin ini tidak sepopuler jenis kelinci lainnya seperti kelinci anggora dan kelinci lop .

Kelinci Satin
Gambar Kelinci Satin

Jika anda belum mengetahui apa itu kelinci satin , kali ini saya akan mengulasnya pada artikel ini tentang ciri – ciri kelinci satin , cara merawat kelinci satin , harga dari kelinci satin , dan lainnya . Agar anda bisa mengerti banyak tentang kelinci satin ini dan anda pun tahu perbedaan kelinci satin dengan kelinci pada umumnya . Adapun foto kelinci satin diatas sebagai awal agar anda mungkin tahu sedikit tentang kelinci satin ini .

Kelinci Satin

Kelinci satin ini pertama ditemukan oleh walter kwik yang merupakan seorang pengembang dari kelinci havana pada tahun 1930 . Lalu walter kwik mengirim kelinci ini ke universitas harvard dan oleh para peneliti genetik disana menetapkan bahwa adanya genetik mutasi baru yang merupakan gen yang resesif yang mempunyai bulu yang bersinar , bulu yang pendek namun terkesan rapat . Mutasi gen tersebut juga hampir sama dengan kelinci rex .

Kelinci satin ini merupakan kelinci yang berasal dari amerika mempunyai bobot berkisar 3,8 kg sampai 5 kg , mempunyai bulu yang pendek dan bersinar , jarak antara bulu pada kelinci satin ini rapat , kepala dari kelinci satin ini agak bulat dan telinganya yang panjang dan tegak . Jika anda perhatikan kelinci satin ini hampir mirip dengan kelinci rex oleh karena itu banyak yang menyebutnya kelinci rex satin .

Tetapi yang membedakan kelinci satin dan kelinci rex adalah bulunya karena bulu dari kelinci satin itu lebih tebal dengan beberapa varian warna seperti putih totol – totol , merah , perak , krem dan coklat . Kelinci satin ini juga mempunyai badan yang panjang dan leher yang pendek , telinga dari kelinci ini juga terlihat seimbang dengan tubuhnya , tulang kelinci satin juga kuat dan kakinya yang lurus serta kuku yang berwarna hitam .

Cara Merawat Kelinci Satin

Cara merawat kelinci satin ini hampir sama dengan kelinci pada umumnya yaitu dengan kita memberikan kandang yang sangat nyaman dan usahakan alas dari kandang tersebut tidak mengakibatkan kelinci terluka berikanlah alas yang halus agar kelinci nyaman , berikan juga tempat untuk makan , minum , buang air , dan tempat untuk mengunyah yang berisi jerami hal ini di lakukan agar kelinci tidak memiliki gigi yang maju .

Berikanlah makanan kepada kelinci satin anda dengan rutin dengan memberikan sayuran dan buah – buahan usahakan jangan terlalu sering memberikan sayuran dan buah – buahan karena kandungan airnya yang terlalu banyak bisa mengakibatkan kelinci mencret atau diare . Jika anda mempunyai budget lebih anda bisa membelikan pelet khusus kelinci . Jika anda ingin kelinci satin anda mendapatkan bulu yang sangat bagus saya sarankan untuk memberikan makanan yang berprotein tinggi .

Bulu dari kelinci satin juga harus di rawat dengan sering menyisir bulu kelinci satin agar kelinci satin tidak mengalami bulu yang menggumpal dan termakan oleh kelinci tersebut . Rutinlah untuk memandikan kelinci minimal 2 kali seminggu gunakanlah air hangat untuk memandikan kelinci satin anda dan saat ingin mengeringkan sebaiknya anda menggunkan handuk halus dan keringkan kembali dengan hairdrayer dengan level panas yang terendah .

Ciri Ciri Kelinci Satin

Kelinci satin ini mempunyai ciri khusus yang membedakannya dari kelinci lain yaitu kelinci satin ini mempunyai berat badan yang berkisar 3,9 kg sampai 5 kg , kelinci satin ini juga mempunyai telinga yang panjang dan tegak , kelinci satin mempunyai bentuk kepala yang sedikit bulat , kelinci satin memiliki ruas tulang dan kuku yang lumayan tebal .

Kelinci satin ini juga sering dikira kelinci rex dan ada juga yang menyebutnya sebagai kelinci rex hal tersebut di karenakan kelinci satin mempunyai bulu yang pendek seperti kelinci rex namun untuk membedakan kelinci rex dan satin adalah kelinci satin mempunyai bulu yang lebih rapat dan juga bulu warnanya lebih bersinar dibanding kelinci – kelinci pada umumnya .

Kelinci satin merupakan kelinci yang mempunyai reproduksi yang sangat tinggi karena untuk sekali melahirkan kelinci satin ini mampu melahirkan 7 sampai 10 ekor anak kelinci , Kelinci satin ini mempunyai leher yang pendek , kelinci satin mempunyai warna bervariasi seperti warna putih , coklat , kebiruan , abu – abu , dan warna hitam .

Kelinci Jenis Satin

Kelinci jenis satin ini merupakan kelinci yang mempunyai bulu yang sangat cantik karena bulunya ini sangat rapat dan juga bersinar dengan keunggulannya tersebut kelinci satin ini sering disilangkan dengan kelinci lain agar mendapatkan banyak kelinci baru yang mempunyai keunggulan lebih adapun beberapa kelinci yang sudah disilangkan dengan kelinci satin yaitu anggora satin, dwarf satin dan rex satin .  Dengan gen resesifnya tersebut para ilmuwan berusaha untuk mendapatkan kelinci yang terbaik dan unggul lagi dengan mengembangkan dan mempersilangkannya dengan kelinci lain .

Harga Kelinci Satin

Kelinci satin ini merupakan kelinci hasil mutasi dari kelinci havana , kelinci ini juga mempunyai bulu yang sangat bagus di bandingkan dengan kelinci lainnya , bulunya rapat dan seperti bersinar oleh karena itu kelinci satin ini membutuhkan pakan protein yang tinggi . Untuk harga kelinci satin ini berkisar 50.000 sampai 200.000 untuk kelinci satin yang masih berumur 1 bulan sampai 3 bulan , dan untuk kelinci satin yang berumur 3 bulan lebih atau sudah dewasa harganya berkisar 200.000 sampai 1 jutaan .

Menurut saya jika anda ingin membeli kelinci satin ini anda sebaiknya membeli di peternakan karena kelinci satin ini membutuhkan perawatan yang sangat baik apalagi pakannya yang harus dijaga dengan baik agar mendapatkan kelinci satin dengan bulu yang indah dan tubuh yang ideal , jadi dengan membeli di peternakan kelinci anda sudah pasti mendapatkan kelinci satin yang berkualitas dibandingkan dengan kelinci satin yang dijual di pinggir jalan .

Membeli kelinci satin ini juga anda harus memilih kelinci satin yang sudah berumur 3 bulan lebih atau yang baik adalah saat sudah dewasa karena jika anda membeli kelinci satin yang berumur di bawah 3 bulan makan kelinci satin anda akan cepat mati di karenakan di usia tersebut kelinci satin masih membutuhkan induknya untuk mendapatkan air susu induknya .

Sekian penjelasan tentang kelinci satin ini semoga dengan ulasan kelinci satin di artikel ini anda bisa mendapatkan banyak ilmu tentang kelinci satin tentang ciri ciri kelinci satin , cara merawat kelinci satin , jenis kelinci satin , dan juga harga dari kelinci satin . Dan anda juga bisa membagikan artikel ini ke teman anda agar teman anda juga bisa mendapatkan ilmu baru tentang kelinci satin dan juga bisa lebih baik lagi dalam merawat kelinci satin . Terima Kasih .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *