Kelinci Mencret

By | 9 April 2018

Kelinci MencretKelinci merupakan hewan peliharaan yang sangat menggemaskan dan imut , sebagai seorang yang memelihara atau berternak kelinci ini pasti anda tidak mau hewan kelinci anda mengalami hal – hal yang tidak di inginkan apalagi hal – hal tersebut menyebabkan kelinci anda mati atau membuat kelinci anda stress dan tidak nyaman dalam kondisi yang sekarang .

Kelinci Mencret

Gambar Kelinci Mencret

Banyak sekali hal – hal yang harus kita jaga dari kelinci kita selain sakit pada kelinci , yaitu kelinci mencret ya kelinci juga bisa terkena mencret bukan hanya manusia . Kelinci terkena mencret juga karena ada kesalahan pada makanannya atau ada suatu benda yang tidak seharusnya masuk ke dalam pencernaan kelinci anda lalu menyebabkan rusaknya pencernaan kelinci anda .

Kelinci Mencret

Bagi anda yang baru ingin memelihara kelinci biasanya anda akan dibuat bingung dengan penyakit yang sering menjangkiti kelinci yaitu mencret walaupun kedengarannya sepele tetapi banyak juga kelinci mencret yang mati gara – gara penyakit tersebut . Sebenarnya masih banyak lagi penyakit yang bisa membuat kelinci anda bisa mendadak mati .

Kelinci yang mengalami mencret atau biasa di sebut diare ini biasanya banyak sekali penyebabnya dan jenis diare pada kelinci ini di golongkan berdasarkan penyebabnya dan cara penanganannya pun berbeda dan kita sebagai pemilik atau pencinta kelinci sebaiknya tahu penyebab , gejala , dan cara mengobati disaat kelinci kita terkena diare ini jadi sebaiknya anda membaca artikel ini agar anda bisa tahu tentang penyakit diare atau mencret pada kelinci .

Cara Mengobati Kelinci Mencret Secara Alami

Penyakit kelinci mencret atau diare ini mempunyai beberapa jenisnya dan dari berbagai jenis gejala , penyebab , dan cara pencegahan atau mengobatinya sangat berbeda – beda jadi anda harus melihat dulu gejala – gejala mencret kelinci anda lalu anda bisa menyimpulkan kelinci anda terkena diare apa lalu anda bisa tahu cara mengobatinya karena jika anda salah mengobati kelinci anda maka akan menjadi parah penyakitnya .

  1. Diare Kokidiasis

    Diare kokidiasis ini mempunyai gejala – gejala yang bervariasi dimulai dari feses cair hingga feses lembut tetapi dalam skala besar . Biasanya kelinci akan terlihat tenang namun kelinci mulai berkurang nafsu makannya atau malah kelinci bisa tidak ingin makan sama sekali .

    Penyebab dari diare kokidiasis ini karena kelinci terserang parasit eimera yang dipicu karena kelinci berada di tempat yang padat , tempat tersebut tidak bersih , dan juga lembab untuk kelinci . Parasit eimera ini akan menyerang langsung ke usus kelinci anda atau ke sistem pencernaan kelinci .

    Untuk mencegah kelinci anda terkena diare kokidiasis ini anda sebaiknya sering membersihkan kelinci anda dengan rutin agar kelinci anda nyaman dan usahakan jangan sampai kandang kelinci anda lembab . Lebih baik jika kelinci anda diberikan vaksin agar lebih sehat lagi .

    Cara mengobati kelinci yang sudah terkena diare kokidiasis berarti kelinci anda sudah mencret dan kelinci mencret obatnya apa yaitu obat sulpha khusus hewan dan berikan makanan – makanan yang bernutrisi lebih banyak lagi . Atau berikan obat trimethoprim atau bisa juga dengan obat sulfamethoxoazole dan berikan ke kelinci sesuai dosis .

    Bisa juga diberikan obat tradisional seperti daun pupus jambu klutuk , pupus daun pepaya , pupus daun pisang , garam , madu , kemudian semua bahan – bahan tadi dihaluskan lalu ambil airnya dan campur dengan madu dan air hangat lalu cekokkan atau berikan kepada kelinci anda .

  2. Diare Mucoid Entheropathy

    Jika kelinci terkena diare ini biasanya diare yang dicampur dengan lendir dan feses keras tidak keluar dan sampe pada selanjutnya juga fases tidak keluar . Ada juga tanda – tanda kelinci jika terkena diare ini yaitu perut yang kembung dan kelinci sedikit membungkuk , kelinci juga akan menjadi tidak aktif dan cenderung diam lalu pada perut kelinci akan terdengar suara gemuruk .

    Penyakit mencret jenis ini biasanya disebabkan karena kelinci merasa stress seperti melakukan perjalanan jauh , terganggu suara yang gaduh , diganggu oleh predatornya , dan sebagainya . Untuk pengobatan dari diare jenis ini biasanya sama dengan diare kokidiasis tetapi kita juga bisa menggunakan penanganan saat terjadi kembung . Pencegahan jika ingin membawa kelinci perjalanan jauh usahakan makanan dijaga dan tidak di taruh pada kandang yang sempit .

Penyebab Kelinci Mencret

Penyebab dari kelinci mencret memang beragam seperti kelinci stress , salah makan , atau keadaan kandang yang kotor . Walaupun jika anda dengar penyakit mencret mungkin anda berfikir penyakit ini sangat tidak terlalu serius tetapi jika tidak di tangani segera kelinci mencret mati sering sekali karena sistem pencernaan kelinci ini lemah jadi jika terkena penyakit biasanya kelinci akan males makan dan akhirnya mati .

Untuk menangani kelinci mencret sebenarnya sangat mudah anda tinggal membeli obat – obat diare atau mencret khusus untuk hewan lalu berikan kepada kelinci anda dan setelah itu anda harus sering – sering memberikan kelinci anda makanan yang berserat agar kelinci anda mempunyai serat yang cukup untuk memperbaiki pencernaannya agar kembali seperti normal .

Obat Kelinci Mencret Tidak Mau Makan

Jika kelinci mencret parah maka kelinci pasti akan merasa tidak bernafsu makan dan hal itu yang sangat di takuti para pemelihara kelinci karena jika kelinci tidak makan maka kelinci akan mati . Lalu apa obat kelinci mencret tidak mau makan ? jika anda bingung saya akan beri tahu , jika kelinci tidak ingin makan lebih baik anda berikanĀ obat trimethoprim atau bisa juga dengan obat sulfamethoxoazole .

Kedua obat tersebut yang sering digunakan saat kelinci mencret dan terbukti ampuh tetapi anda juga bisa menggunakan obat rebung yang bisa anda temukan di toko online atau toko hewan harganya berkisar 14.000 . Sambil rutin memberi obat anda sebaiknya juga memberi makanan yang bernutrisi untuk kelinci anda yang sedang terkena mencret agar pulih kembali dan nafsu makannya pun membaik .

Membersihkan Kelinci Mencret

Kelinci lemas karena mencret akan membuat kelinci banyak terkena kotoran karena bulunya akan terkena fesesnya yang mencret dan akan menyebabkan kelinci tidak nyaman , tidak mau makan lalu kelinci akan mati . Jadi untuk membersihkan kelinci yang sedang mencret sebaiknya menggunakan handuk halus dan hangat lalu bersihkan pada area bulu yang terkena kotoran , lalu bersihkan juga pada daerah bokongnya dengan handuk halus dan hangat juga .

Jika kotorannya banyak saya sarankan untuk sekalian memandikannya setelah anda membersihkannya menggunakan handuk halus dan hangat agar kelinci merasa bersih dan nyaman . Jika kelinci nyaman maka kelinci akan mudah dalam proses pemulihan penyakit mencret karena kelinci tidak akan mudah terkena stress yang bisa mengakibatkan kelinci mudah mati .

Sekian penjelasan tentang kelinci mencret atau diare pada artikel ini semoga anda bisa menjaga kelinci anda dari penyakit lainnya dan terutama mencret , supaya kelinci anda tetap hidup lebih lama bersama anda . Terima Kasih .

Yang kamu cari :

    obat kelinci mencret, cara mengobati kelinci mencret dengan obat alami, cara mengatasi kelinci mencret, mengobati kelinci mencret, obat alami kelinci mencret, kelinci mencret, cara mengatasi mencret pada kelinci, obat mencret kelinci, cara mengobati kelinci mencret, jika kelinci mencret

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *