Kelinci Lokal

By | 24 Februari 2018

Kelinci Lokal – Bukan hanya kelinci impor di indonesia pun ada kelinci lokal yang tak kalah cantik dan tak kalah bagus pula . Hewan yang identik dengan telinga panjang dan bulu halus ini ada juga yang berasal dari indonesia atau biasa disebut kelinci lokal ada beberapa kelinci lokal tetapi yang sudah terkenal adalah kelinci lokal jawa . Ini adalah kelinci lokal yang bisa hidup di iklim tropis jadi mudah untuk di ternakkan dibawah ini ada gambar kelinci lokal.

Kelinci Lokal

Gambar Kelinci Lokal

Kelinci Lokal

Kelinci lokal atau kelinci jawa ini mempunyai ciri khas yaitu mempunyai corak bulu coklat kelabu kehitaman , kelinci ini berasal dari jawa dan tepatnya berasal dari jawa barat , kelinci ini bertubuh kecil tetapi jika sudah dewasa kelinci ini mempunyai bobot yang lumayan besar yaitu berkisar 6 kg dan mempunyai panjang 40 cm .

Kelinci lokal atau kelinci jawa ini bisa hidup sampai 5 – 10 tahun dan mampu melahirkan anak 6 sampai 8 ekor anak kelinci . Kelinci jenis ini mampu bertahan pada iklim indonesia yaitu iklim tropis dengan mudahnya kelinci ini pada iklim indonesia jadi untuk dikembangbiakkan atau anda ingin berternak kelinci lokal atau kelinci jawa ini anda bisa mengembangbiakkannya dengan mudah .

Kelinci ini juga tidak rentan mati seperti kelinci australia dan kelinci ini juga tidak membutuhkan nutrisi atau obat untuk menjaga kesehatannya karena kelinci ini mampu beradaptasi pada iklim tropis di indonesia ini tidak seperti kelinci australia yang membutuhkan obat atau nutrisi untuk menjaga tubuhnya agar sehat dan tidak rentan mati .

Harga Kelinci Lokal di Pasaran

Kelinci lokal jawa ini termasuk dalam kelinci pedaging jadi harganya bergantung pada ukuran dan kesehatan kelinci lokal tersebut . Harga Kelinci lokal murah daripada harga dari kelinci australia karena kelinci lokal ini tidak membutuhkan obat – obat atau nutrisi tambahan untuk bisa bertahan di iklim tropis kelinci lokal ini mampu bertahan dan tidak rentan mati seperti kelinci australia .

Harga untuk kelinci lokal dipasaran adalah sekarang mencapai 120.000 sampai 150.000 seperti halnya kelinci – kelinci pada umumnya untuk kelinci lokal atau jawa yang biasa hanya berkisar 100.000 dan jika terawat dan sehat akan lebih dari harga kelinci lokal yang biasa .

Jika anda ingin mencari kelinci lokal yang bagus anda harus mencari di peternakan karena disana sudah pasti terawat dan sehat tetapi dengan kondisi kelinci yang seperti itu sudah pasti harganya akan lebih mahal . Untuka anakan kelinci lokal atau kelinci jawa ini yang berumur 2 sampai 3 bulan mencapai 25.000 sampai 35.000 . Jika inging mencari kelinci anggora lokal anda juga bisa mencari di peternakan kelinci juga .

Ciri Kelinci Lokal

Kelinci lokal atau kelinci jawa ini merupakan kelinci asli dari indonesia yang lebih tepatnya dari jawa barat , kelinci ini juga mempunyai corak kulit yang kelabu kehitaman , kelinci ini merupakan kelinci kecil tetapi jika anda memelihara sampai dia dewasa kelinci lokal ini akan berubah drastis menjadi besar dengan panjang 40 cm dan berat 6 kg .

Kelinci lokal ini juga mempunyai umur hidup yang lumayan lama berkisar 5 sampai 10 tahun dan bisa melahirkan anak kelinci 5 sampai 6 ekor , kelinci ini juga mampu beradaptasi dengan iklim tropis di indonesia jadi untuk memelihara kelinci ini anda tidak akan merasa sulit , dan juga kelinci ini mudah untuk di kembangbiakkan di indonesia tidak seperti kelinci – kelinci lain yang sulit .

Budidaya Kelinci Lokal

Jika anda ingin memulai membudidaya kelinci lokal atau kelinci jawa ini anda sebaiknya menyiapkan dulu kebutuhan atau peralatan untuk kelinci lokal ini seperti lahan , lokasi lahan , kandang , dan makan untuk kelinci lokal ini . Kelinci lokal ini merupakan kelinci pedaging yang mudah untuk di ternakan karena kelinci ini sudah bisa beradaptasi dengan iklim tropis di indonesia ini dan harga kelinci lokal murah .

Hal yang penting untuk melakukan budidaya adalah menyiapkan kandangnya untuk kelinci lokal indonesia ini anda bisa menggunakan 2 tipe kandang yaitu yang tertutup atau individu dan kandang massal , untuk kandang yang tertutup atau yang individu anda bisa menggunakan kayu atau menggunakan kawat besi . Kekurangan dari kandang induvidu adalah anda tidak bisa mengumpulkan air seni kelinci karena air seninya cukup untuk menyuburkan tanah .

Untuk kandang kelinci yang masal anda bisa menggunakan lahan yang luas dan berikanlah pelindung pada sisi – sisinya agar kelinci anda tidak pergi kemana-mana , berikan gumukan tanah untuk kelinci karena gumukan tanah bisa untuk tempat bermain kelinci ,dan juga berikan tempat yang nyaman dan tempat untuk berteduh kelinci disaat panas .

Kelebihan kandang massal ini adalah anda tidak perlu ribet saat membersihkan kandang dari kotoran kelinci lokal ini , kandang akan terlihat bersih dan terawat , kelinci akan terasa lebih bebas dalam kandang massal ini karena kelinci akan mempunyai ruang gerak lebih dengan tidak adanya penumpukan kotoran pada kandang tersebut , jika anda ingin membersihkan kotorannya anda tinggal mencangkulnya dan menjadikannya pupuk .

Pemilihan indukan kelinci lokal ini sangat penting karena untuk mendapatkan anakan yang terbaik dari kelinci lokal atau jawa ini anda harus memilih indukan yang unggul , harga kelinci lokal indukan akan lebih mahal dari kelinci lokal lainnya karena kelinci lokal indukan adalah kelinci yang sangat unggul dan akan menghasilkan anakan juga yang sangat unggul atau malah akan menghasilkan anakan yang lebih unggul dari indukan .

Untuk memilih kelinci lokal indukan yang baik anda harus mempunyai bulu halus , pinggul yang halus , sehat tanpa ada cacat , untuk indukan betina mempunyai berat 2 sampai 5 kg untuk yang jantan 3 sampai 5 kg , mempunyai mata yang cerah dan tidak terlihat mengantuk , mempunyai riwayat yang bagus dari peternakan yang anda beli , dan mempunyai punggung yang tidak terlalu cekung .

Pemberian pakan saat ingin membudidayakan kelinci sangat penting anda harus memperhatikan nutrisi yang harus diberikan dan jangan terlalu banyak memberikan makanan yang banyak mengandung air seperti sayuran hijau tetapi jika ingin memberikan untuk tambahan nutrisi sebaiknya keringkan dahulu sebelum memberikannya ke kelinci anda dan perhatikan juga ukuran konsentrat yang akan diberikan untuk umur 4 bulan membutuhkan 60% konsentrat dari makanannya yang diberikan pada pagi hari .

untuk masa kawin juga harus diperhatikan kelinci yang siap di kawinkan mempunyai umur 6 sampai 12 bulan dan masa birahinya 11 sampai 15 hari dan masa kehamilannya 28 sampai 35 hari , kelinci betina akan subur kembali setelah 2 minggu setahun kelinci ini bisa melahirkan sampai 5 kali dan menghasilkan 4 – 12 ekor anak , untuk usia kesuburnnya kelinci ini mempunyai jangka waktu 3 tahun .

Makanan Kelinci Lokal

Untuk kelinci lokal yang di ternakan harusnya mempunyai mutu dan kualitas yang baik dan tidak selalu memberikan makanan sayuran karena sayuran mengandung banyak air jika kelinci anda diberikan sayuran terus menerus kelinci anda akan mengalami mencret .

Usahakan memberikan beberapa biji – bijian , umbi – umbian atau pelet yang berkualitas untuk menambah konsentrat dari kelinci ternak anda , atau anda membeli rumput awetan atau hay karena rumput ini memiliki serat yang tinggi dan menghindarkan kelinci dari hairball di usus dan mengurangi kelinci anda bergigi tonggos

Peternak Kelinci Lokal

Jika anda ingin membeli kelinci lokal ini saya sarankan untuk membeli pada peternak saja karena disana juga jual kelinci lokal yang sudah pasti akan sehat , terawat dan mempunyai umur lebih panjang di bandingkan pada penjual kelinci pinggir jalan tetapi harga kelinci lokal pada peternak pasti lebih mahal , dan anda juga bisa mencari tahu cara yang baik untuk merawat kelinci lokal atau kelinci jawa ini .

Sekian ulasan dan penjelasan tentang kelinci lokal ini semoga anda bisa tertarik untuk berternak atau memelihara kelinci ini karena kelinci ini mempunyai kemudahan dalam perawatannya . Sekian dan Terima Kasih .

 

Yang kamu cari :

    jenis kelinci lokal, apakah kelinci lokal bulunya tidak halus, ciri ciri kelinci lokal, Kelinci lokal, tentang kelinci lokal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *