Kelinci Laut

By | 27 Februari 2018

Kelinci LautKelinci hewan satu ini memang identik dengan lucu , menggemaskan dan mempunyai telinga yang panjang atau pendek yang terpenting hewan kelinci ini hidup di darat . Tetapi akhir -akhir ini ada penemuan yang sangat menggegerkan di jepang dan di dunia yaitu kelinci laut . Mempunyai ciri – ciri yang sama layaknya kelinci namun hewan ini hidup di laut .

Kelinci Laut

Gambar Kelinci Laut

Kebanyakan kelinci yang anda ketahui pasti hidup di darat seperti kelinci anggora , kelinci rex , kelinci lop , dll . Memang kelinci jenis itu ada di darat namun jika anda menyelam di laut anda pasti akan kaget dan melihat hewan layaknya kelinci yang mempunyai bulu dan telinga layaknya kelinci sedang berjalan di terumbu karang .

Kelinci Laut

Sebenarnya kelinci laut yang kita ketahui sekarang adalah hewan siput laut yang disebut Jorunna parva kenapa diberi nama kelinci laut karena siput laut ini mempunyai ciri – ciri yang hampir sama dengan kelinci pada umumnya seperti bulu yang halus yang ujungnya terdapat bulu hitam kemerahan , mempunyai telinga yang panjang dan tegak , dan juga mempunyai ekor di bagian belakang .

Gambar kelinci laut yang sering kita lihat itu berasal dari jepang yang juga sempat menggemparkan netizen di jepang . Siput laut ini mempunyai panjang berkisar 2 centimeter , mempunyai bulu dan diselubungi bintik hitam , siput laut ini juga mempunyai jarum yang jika kita lihat itu mirip dengan telinga , dan jika kita melihat pada bagian belakang siput laut ini anda akan bisa melihat ekornya .

Siput laut ini di jepang mempunyai julukan khusus yaitu “the fluffy little bunnies of the sea ” atau jika di terjemahkan anak – anak kelinci laut yang imut dan menggemaskan . Siput ini juga termasuk dalam golongan gastropoda pada filum moluska .

Makanan Kelinci Laut

Kelinci laut ini sangat suka pada lokasi yang berbentuk goa – goa , terumbu karang , atau kapal yang tenggelam dan sudah lama di laut karena biasanya terdapat laut yang mempunyai solar power nudi yang biasanya bersimbiosis dengan alga dan berfotosintesis memproduksi gula (glukosa) yang menjadi makanan dari si siput laut ini atau kelinci laut .

Di dunia ini banyak sekali laut yang bisa di huni oleh kelinci laut asalkan para penduduknya juga mau untuk menjaga kebersihan agar bisa menjaga laut agar bersih contoh laut yang bisa di huni oleh kelinci laut atau siput laut ini adalah Pantai Wayame (ambon ) , laut di jepang , filipina , dan seychelles . Untuk melindungi dari pemangsa hewan ini mengeluarkan tinta kelinci laut atau tinta pekat dari tubuhnya yang bisa mengkaburkan penglihatan pemangsanya dan kelinci laut ini bisa melarikan diri ke tempat yang lebih aman .

Kelinci Laut atau siput laut ini juga terkenal dengan karnivora karena kelinici laut atau siput laut ini memakan sponge , hydroid , lilia laut , kerang – kerangan atau malah terkandang kelinci laut ini ditemukan sedang memangsa sesama kelinci laut (cannibalism) .

Deskripsi Kelinci Laut

Kelinci laut ini mempunyai tanduk atau jarum pada tubuhnya yang jika kita lihat itu seperti telinga pada kelinci , siput laut ini juga mempunyai bulu yang halus dan terdapat benjolan hitam , dan terdapat ekor pada bagian belakang tubuhnya . Dari hal tersebut siput laut ini banyak yang mengatakan bahwa siput laut ini seperti kelinci yang hidup di laut atau biasa disebut kelinci laut .

Kelinci laut ini terkenal saat ada video yang benar – benar menggemparkan netizen jepang dan membuat kelinci laut ini menjadi terkenal , kelinci laut ini mempunyai habitat pada dalam laut yang dangkat dan nyaman suhu yang bisa ditempati kelinci laut ini juga harus hangat . Kelinci ini termasuk dalam golongan hewan yang tak bertulang belakang atau kelinci laut ini mempunyai tubuh yang lunak dan tak beracangkang .

Sebenarnya kelinci laut atau siput laut ini mempunyai cangkang akan tetapi saat siput laut ini sudah tumbuh dewasa siput laut akan melepaskan cangkang tersebut dan meninggalkan cangkang tersebut . Kelinci laut ini juga tidak hanya mempunyai warna putih tetapi ada juga yang mempunyai warna kuning cerah atau putih dengan kombinasi warna yang lain .

Jenis Kelinci Laut

Jika anda penggemar kelinci maka anda harus tahu apa itu kelinci laut ? kelinci laut adalah jenis siput laut yang mempunyai ciri – ciri atau bentuk yang hampir sama dengan kelinci yang hidup di darat siput laut ini masuk dalam kategori gastropoda pada filum molusca . 

Siput laut ini juga termasuk hewan yang tidak memiliki cangkang namun sebenarnya pada saat masih berupa larva siput laut ini mempunyai cangkang dan ketika sudah dewasa cangkang tersebut di tinggalkan dan siput laut itu hidup tidak menggunakan cangkang yang mengakibatkan kelinci laut ini menjadi sasaran empuk para pemangsanya oleh karena itu siput laut ini mempunyai pertahanan yaitu menyemprotkan tintanya agar membuat pandangan pemangsanya tidak jelas dan siput laut kabur ke tempat yang aman .

Reproduksi kelinci laut ini sangat lambat dan rentan kematian karena kelinci laut ini hanya mampu bertahan berbulan – bulan untuk yang paling tua hanya mencapai 1 tahun . Kelinci ini untuk melakukan reproduksi atau kawin menggunakan cara hermaprodit . Kelinci laut ini mempunyai organ kelamin laki – laki dan perempuan lalu mereka bertukar sperma untuk melakukan reproduksi .

Lokasi Kelinci Laut

Walaupun foto kelinci laut pertama di hebohkan di jepang tetapi jika anda ingin melihat kelinci laut atau siput laut ini anda tidak perlu jauh – jauh untuk ke jepang di indonesia juga ada tempat yang bagus yang bisa membuat anda melihat kelinci laut itu . Lokasi di indonesia terdapat pada pulau seribu atau lebih tepatnya pada pulau panggang .

Pulau panggang menjadi tempat untuk penelitian kelinci laut ini karena memiliki literatur yang sama seperti pada jepang yang terdapat kelinci laut ini . Di pulau panggang juga menjadi tempat yang sangat bersih untuk dijadikan penelitian tentang kelinci laut .

Manfaat Kelinci Laut

Kelinci laut atau siput laut ini mempunyai pertahanan dari pemangsa seperti cumi – cumi yang mengeluarkan tinta , kelinci laut ini juga mengeluarkan tinta untuk kabur dari pemangsanya tetapi pada tubuhnya juga terdapat racun yang jika dimakan oleh pemangsanya akan membuat kematian yang cepat untuk para pemakan kelinci laut atau siput laut ini .

Walaupun beracun kelinci ini mempunyai manfaat yang sangat besar untuk manusia . Tinta pada kelinci laut atau siput laut ini bila digunakan pada saat melindungi diri akan beracun tetapi jika digunakan manusia dengan kadar dosis yang pas akan menjadi obat kanker karena tinta kelinci ini akan menjadi antibakteri , anti mikroba , dan anti kanker .

Sekian ulasan yang saya bagikan tentang kelinci laut atau siput laut ini semoga anda ikut melestarikan kelinci laut ini karena kelinci laut mempunyai umur kematian yang sangat pendek jadi jaga laut agar tetap bersih dan banyak biota laut terutama kelinci laut ini menjadi bisa berkembang biak dengan baik . Sekian Terima Kasih .

Yang kamu cari :

    kelinci laut, pelestarian kelinci laut, jenis makanan pada siput dan kelinci, deskripsi manfaat kelinci, jenis kelinci dan deskripsinya, jenis kelinci laut, kelinci laut hitam, kelinci laut makan apa, Kelinci laut sering memangsa naga hitam tidak, makanan alami lintah laut kelinci

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *