Kelinci Kecil

By | 21 Maret 2018

Kelinci KecilKelinci memang hewan yang lucu dan menjadi populer dikalangan para penggemar hewan ini . Banyak sekali yang menyukai hewan kelinci ini dari yang anak – anak maupun yang sudah dewasa , dan banyak juga yang sudah memelihara kelinci tersebut dari beberapa jenis . Ada juga banyak orang yang suka kelinci yang berjenis kelinci kecil .

Kelinci Kecil

Gambar Kelinci Kecil

Jika anda memelihara kelinci dari yang kecil sampai dia menjadi besar pasti anda berfikir bahwa lebih baik kelinci tersebut kecil saja dan tidak menjadi tubuh besar . Kalau anda berfikiran seperti itu anda hanya perlu mencari kelinci yang memang jenisnya adalah kelinci kecil dan jika sudah berumur dewasa juga kelinci tersebut akan tetap kecil adapun contoh kelincinya ada di gambar kelinci kecil di atas.

Kelinci Kecil

Kelinci kecil merupakan kelinci yang mempunyai tubuh kecil dari sejak lahir hingga dewasa hal tersebut bukn karena kelinci tersebut terkena kelainan genetik melainkan kelinci tersebut adalah hasil dari persilangan antara kelinci yang berbeda jenis . Rata – rata jenis kelinci kecil ini masuk dalam kategori kelinci hias yang biasanya hanya di pelihara saja .

Karena kelinci kecil ini hanya dipelihara buka di lepas atau di ternakkan seperti kelinci pedaging kita hanya tinggal memberi makanan kelinci kecil ini sayuran hijau dan sebaiknya jika anda akan memberikan keringkan dulu dan bersihkan dari getah yang ada pada sayuran tersebut karena jika tidak hal tersebut akan menyebabkan kelinci anda menjadi mencret dan kejang – kejang . Karena kelinci tergolong hewan dengan pencernaan rendah .

Cara Merawat Kelinci Kecil

Anda yang ingin merawat kelinci kecil ini lebih baik anda perhatikan kandang kelinci kecil anda karena jika kandang kelinci anda terbuat dari kawat lebih baik berikan alas yang halus dan nyaman agar kelinci kecil peliharaan anda tidak masuk ke sela – sela . Pastikan suhu kandang untuk kelinci kecil anda sudah cukup suhu kandang untuk kelinci kecil adalah 15 sampai 20 derajat celcius dan angka kelembapannya 60%-90% .

Sering – seringlah anda untuk menjaga kebersihan kelinci kecil anda dengan selalu membersihkan kandang kelicni kecil anda secara rutin agar kelinci kecil anda terhindar dari penyakit – penyakit yang akan menyerang seperti contoh penyakit kulit . Berikan kelinci anda kasih sayang atau perhatian khusus dengan selalu bermain atau menggendong kelinci kecil anda dan ingat jangan menggendong dengan memegang telinga kelinci kecil anda .

Jangan lupa untuk memandikan kelinci kecil anda dan jangan gunakan air dingin karena kelinci tidak tahan dengan dingin jadi gunakanlah air hangat dan mandikan kelinci kecil anda minimal secara rutin 2 kali dalam 1 bulan dan jangan lupa berikan shampoo khusus untuk hewan atau kelinci agar kelinci anda mempunyai bulu yang tidak mudah rontok .

Berikanlah beberapa vitamin agar bisa menjaga kesehatan kelinci anda dan juga menambah kekebalan tubuh kelinci kecil anda . jika kelinci anda mengalami kesehatan yang menurun atau terjangkit penyakit lain lebih baik anda langsung membawanya ke dokter hewan . 

Jaga kelinci kecil anda dari predator yang memangsa kelinci , dan jika kelinci anda mempunyai tingkah laku yang aneh sebaiknya anda bisa mengetahui hal tersebut agar anda bisa langsung tanggap dalam situasi tersebut . Agar kelinci anda tidak stress dan mati .

Kelinci Terkecil di Dunia

Pygmy Rabbit

Gambar Pygmy Rabbit

Kelinci Terkecil di Dunia adalah kelinci Pygmy kelinci ini mempunyai beberapa ciri – ciri seperti warna bulu yang abu – abu , mempunyai bintik – bintik putih kecil di bagian hidungnya , dan dengan tubuhnya yang kecil dan predikat kelinci terkecil di dunia kelinci ini beratnya hanya setengah kilogram .

Kelinci pygmy ini juga biasa tinggal di liang atau lubang di tanah yang mempunyai rumput yang tinggi – tinggi dan juga dekat dengan semak – semak . Kelinci pygmy ini juga merupakan kelinci yang berasal dari amerika yang menggali lubang atau liangnya sendiri untuk berlindung atau di jadikan rumah .

Kelinci pygmy ini menyukai makanan rumput dan juga jika di amerika utara sedang dingin kelinci pygmy ini hanya makan semak – semak yang berada di daerah lubangnya  . Kelinci pygmy ini tidak bisa dipelihara karena kelinci ini masuk dalam kategori hewan punah bahkan di tahun 2003 kelinci ini juga terancam menjadi spesies kelinci yang hampir punah , hal tersebut karena habitat semak – semak sagebrush yang sudah tidak ada menyebabkan kelinci ini menjadi punah .

Kelinci pygmy ini aktif pada saat matahari terbit dan senja karena hal tersebutlah yang membuat kelinci pygmy ini untuk bertahan hidup , reproduksi kelinci pygmy ini sangat singkat yaitu hanya 2 sampai 3 bulan selama musim semi ataupun musim panas dan usia kawin kelinci pygmy ini adalah 1 tahun . Kematian yang tinggi dari kelinci pygmy ini adalah pada saat musim dingin dan awal musim semi karena serangan dari Mycrobacterium Avium yang sering menyerang kelinci pygmy ini di musim – musim tersebut .

Cara Memandikan Kelinci Kecil

Jika anda ingin memandikan kelinci kecil anda usahakan jangan merendamnya karena kelinci akan mengalami hipotermia atau terkejut saat terkena air , jadi lebih baik anda membasahinya saja karena kelinci adalah hewan yang sangat sensitif dengan air walaupun ada juga jenis kelinci yang tidak takut air tapi lebih baik anda berjaga – jaga untuk kelinci kecil anda . 

Lebih baik anda membersihkan kelinci anda dengan larutan pembersih kutu agar kelinci kecil anda bulunya terhindar dari kutu – kutu yang membuat kelinci kecil anda tidak nyaman atau malah menyebabkan penyakit kulit pad kelinci kecil anda . Jika kelinci kecil anda basah lebih baik anda keringkan hairdrayer dengan suhu yang tidak relatif panas .

Kandang Kelinci Kecil

Untuk kandang kelinci kecil anda lebih baik anda memberikan kandang di dalam rumah dan hanya diberikan tembok yang lumayan tinggi agar tidak mudah di lompati dan berikan juga di kandang tersebut seperti rumah kecil dan juga semak – semak agar kelinci kecil anda berasa ada di tempat tinggal aslinya , jangan lupa juga memberikan beberapa mainan untuk kelinci kecil anda .

Pemberian tempat makan dan minum juga penting dan usahakan tempat makan dan minum tersebut harus lebih berat karena agar saat kelinci minum atau makan tempat tersebut tidak tumpah dan mengotori kandang kelinci kecil anda . Berikan juga tempat untuk membuang kotoran kelinci kecil anda agar kandang anda akan terlihat bersih dan kelinci kecil anda juga akan nyaman .

Cara Memelihara Kelinci Masih Kecil

Untuk merawat kelinci anda yang masih kecil anda perlu memperhatikannya dengan khusus karena pada saat masih kecil atau anakan kelinci cenderung mudah terkena penyakit . Jangan berikan makanan apapun pada anakan kelinci biarkan anakan kelinci itu minum susu pada induknya karena kelinci yang masih anakan cenderung mempunyai perut yang belum kuat jadi jika anda langsung memberikan makanan berat kelinci akan mati .

Usahakan kelinci anakan anda tidak mengalami kedinginan jadi atur suhu ruangan agar anakan kelinci menjadi sangat hangat , dan berikanlah pelet saat sudah berumur 3 sampai 4 bulan untuk menjaga kekebalan tubuh kelinci anakan tersebut dan terhindar dari penyakit .

Itulah beberapa informasi yang saya berikan seputar kelinci kecil semoga anda bisa mempraktekannya dan membagikan informasi ini pada kerabat atau saudara anda .Sekian dan Terima Kasih .

Yang kamu cari :

    kelinci kecil, merawat kelinci kecil, kelinci kecil atau dewasa, cara merawat kelinci yang berumur sebulan setengah, memelihara kelinci kecil, cara perawatan kelinci kecil yang kejang, Cara merawat kelinci yang masih, cara merawat kelinci kecil, cara memelihara kelinci, cara memandikan kelinci kecil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *