Kelinci Kawin

By | 2 Maret 2018

Kelinci Kawin – Hewan menggemaskan kelinci yang sering kita jumpai atau mungkin yang anda pelihara juga membutuhkan yang namanya berkembang biak yang gunanya untuk melestarikan atau menghindarkan hewan kelinci ini dari kepunahan . Untuk melakukan perkembangbiakkan tersebut banyak sekali syarat yang harus dilakukan untuk para peternak .

Kelinci Kawin

Gambar Kelinci Kawin

Jadi untuk para peternak jangan melakukan persilangan atau perkawinan untuk kelinci dengan sembarangan karena bisa menyebabkan kelinci itu akan mudah stress dan malah akan melukai pasangan yang akan di kawinkan dalam kandang . Kelinci akan kawin dengan posisi kelinci jantan berada di atas kelinci betina seperti gambar kelinci kawin diatas .

Kelinci Kawin

cara mengkawinkan kelinci itu caranya kurang lebih sama walaupun berbeda jenis namun jika kelinci kawin dengan kucing itu tidak bisa karena berbeda hewan harusnya yang berbeda itu jenisnya seperti contoh kelinci anggora yang berbulu lebat dan panjang di kawinkan atau disilangkan dengan kelinci lop yang mempunyai telinga yang menggantung akan menghasilkan spesies kelinci baru .

Gunanya kelinci kawin juga bukan hanya untuk menghindarkan kelinci dari kepunahan tetapi juga bisa untuk mencari varietas kelinci baru dari hasil persilangan yang bisa digunakan untuk mencari kelinci indukan yang baik dan unggul .

Kelinci Siap Kawin Setelah Melahirkan

Jarak untuk siap sistem reproduksi untuk kelinci kawin setelah melahirkan adalah 15 hari memang kelinci mempunyai sistem reproduksi yang sangat cepat tetapi menurut saya anda harus memberikan waktu lebih dari itu untuk langsung di kawinkan karena akan mempengaruhi kesehatan dari kelinci minimal untuk melakukan kawin setelah melahirkan adalah sebulan .

Masa kawin dari kelinci ini cukup lama yaitu 9 bulan biasanya masa kawin di bulan februari atau oktober tetapi jika anda menaruh langsung di kandang dan tahu mana kelinci indukan yang baik mungkin kelinci anda akan kawin kapan saja tidak perlu menunggu bulan februari atau oktober .

Kelinci akan hamil saat sudah melakukan perkawinan , perkawinan tersebut biasanya berlangsung beberapa hari . Kelinci akan hamil dan melahirkan berkisar 30 hari dan dalam sekali melahirkan kelinci akan menghasilkan 4 sampai 12 anakan . Setelah melahirkan anakan kelinci akan menyusui pada indukan hingga 4 atau 5 minggu .

Untuk mengkawinkan suatu kelinci kita harus memperhatikan beberapa aspek seperti umur kelinci siap kawin di umur berapa ? . Umur kelinci yang pas untuk di kawinkan juga bergantung pada ukuran kelinci tersebut untuk kelinci kecil umur yang pas adalah 4,5 sampai 5 bulan , untuk kelinci berukuran sedang umur 5,5 sampai 6,5 bulan , dan untuk yang berukuran besar umur yang pas adalah 7 bulan ke atas . Untuk kelinci yang berjenis flemish giant sebaiknya dikawinkan saat berumur 10 sampai 11 bulan .

Jika anda mengkawinkan kelinci yang belum berumur biasanya akan mengakibatkan kelinci menjadi cacat . Untuk kelinci jantang biasanya pertumbuhan akan terganggu dan akan menjadi kerdil , untuk kelinci betinanya jika di kawinkan sebelum umurnya akan gagal hamil tapi jika hamil anak yang di hasilkan biasanya akan cacat atau tidak normal .

Anda yang ingin mengawinkan kelinci anda usahakan kelinci anda mempunyai umur yang pas atau sesuai dengan umur kelinci yang sudah produktif , bawalah kelinci betina ke kandang kelinci jantang jangan kebalik karena ini sangat berpengaruh jika kelinci betina dibawa ke kandang jantan , kelinci jantan akan lebih percaya diri dan berkuasa pada kandang sendiri , usahakan suhu untuk perkawinan kelinci harus adem jika lebih dari 27 derajat itu kurang baik waktu yang baik untuk perkawinan pagi hari jam 6 sampai 8 atau malam pada jam 6 sampai 8 .

Setelah kelinci betina sudah di tempatkan di kandang kelinci jantan biarkan mereka pada kandang beberapa saat , biarkan mereka berputar atau berkejar – kejaran itu adalah proses sebelum kawin . Anda tinggal menyiapkan agar kandang itu nyaman buat mereka dan aman juga .

Saat kelinci jantan sudah menaiki kelinci betina yang biasanya berlangsung dalam beberapa menit , angkat kelinci betina dari kandang jantan agar kelinci betina tersebut beristirahat minimal 10 sampai 15 menit agar kelinci betina bugar kembali saat akan dimasukan kembali ke kandang kelinci jantan . Lakukanlah hal tersebut beberapa kali saja .

Jika kelinci betina sudah tidak ingin kawin lagi kembalikan kelinci betina ke kandangnya hal tersebut hanya untuk memastikan apakah berhasil atau tidak proses perkawinannya walaupun sebenarnya satu kali pun akan berhasil tetapi sebagai peternak kita harus berjaga – jaga agar tidak gagal dalam mengawinkan kelinci .

Jika anda ingin mencoba mengkawinkan kelinci anda pada suatu lahan atau mengkawinkan dengan bebas anda tidak usah melakukan hal tersebut biarkan mereka atau kelinci jantan dan betina yang mengatur jeda dan mengatur kapan mereka akan berhenti secara alami . Biarkanlah mereka bersama pada lapangan atau lahan tersebut cukup setengah jam untuk mengkawinkan kelinci pada lapangan atau suatu lahan . Seperti foto kelinci kawin diatas adalah contoh kelinci yang kawin secara alami .

Jika anda mengalami saat kelinci betina menolak untuk di kawinkan dengan kelinci jantan tertentu ada beberapa alasan kadang kelinci betina yang belum siap dalam proses perkawinan atau melahirkan tetapi sering kelinci betina itu yang merasa belum siap karena kelinci betina itu bisa kawin dalam kondisi apapun seperti hamil , menyusui , dan beranak .

Hal tersebut karena kelinci betina mempunyai keistimewaan yaitu mempunyai 2 rahim . Tetapi saya sarankan untuk tidak melakukan perkawinan saat kelinci betina tersebut sedang hamil atau malah menyusui karena akan menyiksa kelinci betina tersebut dan kelinci betina tersebut bisa dengan mudahnya terkena penyakit .

Adapun hal lain yang membuat kelinci betina tidak mau kawin seperti kelinci betina kadang tidak suka dengan pejantannya biasanya kelinci betina tersebut tidak suka dengan pejantannya karena kelinci pejantan tersebut mempunyai bulu yang berbeda solusi untuk mengatasi hal tersebut gantilah kelinci jantan dengan kelinci jantan lain yang mempunyai bulu yang sama dengan kelinci betina yang ingin di kawinkan .

Kandang juga bisa menjadi pengaruh besar jika kelinci betina tidak mau kawin karena kelinci betina akan merasa tidak nyaman dan kelinci betina tersebut tidak ingin melakukan perkawinan solusi untuk mengatasi hal tersebut anda sebaiknya melepas kelinci betina dan kelinci jantan tersebut keluar kandang karena jika anda mengkawinkan kelinci betina dan jantan diluar mereka akan merasa nyaman karena mereka akan merasa bebas juga .

Stress adalah hal yang bisa menjadi suatu faktor kelinci betina tidak mau melakukan kawin dengan kelinci jantan jika hal tersebut terjadi pada anda solusi untuk membuat kelinci betina agar tidak stress adalah merawat kembali kelinci betina tersebut dengan lebih baik dan cobalah dalam beberapa hari .

Jika kelinci betina sudah terlihat lebih besar atau bunting setelah beberapa minggu dari hari saat kelinci betina tersebut dikawinkan berarti kelinci betina anda sedang hamil . Setelah melewati masa hamil yang berlangsung selama 30 sampai 34 hari maka kelinci betina anda akan melahirkan dan jangan lupa siapkan dus untuk kelinci betina anda melahirkan agar kelinci betina anda bisa melahirkan anak – anak kelinci yang baik dan unggul tanpa cacat .

Itulah tips dan trik untuk anda para peternak kelinci agar lebih berhati – hati atau lebih memahami bagaimana cara kelinci untuk kawin dan bagaimana cara menanggulangi saat kelinci tidak mau untuk di kawinkan . Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda Terima Kasih .

Yang kamu cari :

    kelinci kawin, posisi kelinci kawin, akankah klinci bisa kawin jika pejantan 1 betinya banyak, Kelinci kawin harus berapa tembakan, Wajtu kelincu kawin, hasil perkawinan kelinci inggris dan lokal, Bisa tidak mengawinkan kelinci anggora sama lokal, berapa kali kelinci kawin, apakah kelinci kawin sekali bisa hamil, apa bisa kelinci kawin sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *