Kelinci Hamil

By | 8 Maret 2018

Kelinci HamilKelinci memang hewan yang tidak hanya menggemaskan dan imut tetapi mempunyai nilai jual yang tinggi dengan beberapa kelinci yang bisa dimanfaatkan dari yang kelinci hias yang mempunyai harga yang lumayan mahal dan banyak yang mencari di kalangan masyarakat , apalagi jika kelinci hias tersebut sudah memenangi banyak perlombaan kelinci pasti harga bisa melebihi 1 juta .

Kelinci Hamil

Gambar Kelinci Hamil

Untuk kelinci pedaging yang mempunyai fungsi sebagai kelinci yang dikonsumsi karena mempunyai bobot yang bisa melebihi 5 kg ini banyak sekali di cari karena banyak sekali orang yang suka dengan daging kelinci ini . Tetapi tidak banyak juga yang malah memelihara kelinci pedaging ini sebagai hewan peliharaan atau malah di ikut sertakan pada perlombaan kelinci .

Kelinci Hamil

Kelinci merupakan hewan yang mempunyai reproduksi yang sangat tinggi oleh karena itu banyak yang berternak kelinci karena akan sangat menguntungkan . Kelinci betina sekali melahirkan menghasilkan 5 sampai 15 anak dan dalam 1 tahun kelinci bisa melahirkan 5 kali . Jadi anda harusnya bisa memamfaatkan hal tersebut agar kelinci anda bisa menghasilkan anak lebih banyak dan lebih unggul .

Seharusnya anda sebagai pemilik harus mengetahui tanda – tanda kelinci anda hamil agar anda bisa memberikan perhatian khusus kepada kelinci anda dan anda bisa mendapatkan anakan yang sehat dan unggul . Adapun kelinci yang kadang hamil palsu jadi anda harus menghindari hal tersebut . Semua itu akan saya bahas dengan komplit di artikel ini .

Tanda Kelinci Hamil

Kelinci biasanya terlihat tanda tanda hamil itu saat sudah 7 hari dari hari saat di kawinkan , itu biasanya hanya janin yang terlihat tubuh . Jika akan terlihat benar – benar hamil kelinci anda adalah 14 hari . Jadi anda harus memberikan perawatan khusus , sebelum memberi perawatan anda harus mengetahui tanda tanda kelinci hamil dahulu .

Biasanya kelinci hamil akan terlihat lebih galak karena kelinci betina akan merasa tidak ingin untuk di kawinkan lagi dengan kelinci pejantan . Dengan sifat agresif yang galak dari kelinci betina ke kelinci pejantan sebaiknya anda segera memisahkan kelinci betina yang hamil ke kandang khusus atau diberi kandang sendiri . Tanda lain adalah mulut kelinci anda terdapat warna kemerahan .

Kelinci yang hamil biasanya akan menggali tanah jika di lepas ke tanah atau lapangan karena itu merupakan sifat alamiah dari kelinci tersebut tapi jika kelinci anda berada di kandang bersama kelinci lain saat dikawinkan biasanya akan merusak kandang tersebut . Pada umumnya peternak akan memisahkan kelinci tersebut saat umur kehamilan 17 hari tapi menurut saya itu terlalu cepat karena kehamilan kelinci itu berkisar 30 sampai 34 hari , jadi kelinci hamil tersebut bisa di pindahkan saat umur kehamilah 24 atau 25 hari .

Kelinci akan terlihat lebih lapar karena untuk perkembangan janinnya kelinci tersebut akan makan lebih banyak untuk berkembangan janinnya , jadi anda harus memberikan porsi lebih untuk kelinci anda dan kelinci biasanya akan lebih banyak makan pada saat malam hari .

Jika kelinci tidak diberi porsi yang cukup maka kelinci yang hamil biasanya akan stress dan akan menjadi kanibal dan bisa melukai diri sendiri atau anaknya . Nutrisi untuk kelinci hamil juga harus diberi lebih agar kelinci hamil bisa menghasilkan air susu yang banyak untuk menyusui anaknya nanti .

Yang terakhir tanda kelinci hamil adalah perut buncit seperti halnya manusia yang hamil juga akan terlihat lebih besar perutnya hal tersebut akan terlihat saat umur kehamilan 17 hari . Pada umur kehamilan mencapai 23 sampai 29 hari kelinci akan merasa gelisah dan hidungnya mulai memerah .

Kelinci Hamil Palsu

Kelinci juga bisa mengalami hamil palsu dan hal tersebut biasa di sebut hamil semu ada beberapa penyebab kehamilan semu pada kelinci ini , seperti kandang kelinci betina yang berdampingan dengan kandang kelinci pejantan , atau pada saat anda melakukan perkawinan antara kelinci pejantan dan betina anda disebelah kandangnya terdapat kelinci betina . Kelinci betina yang berada di samping kandang kelinci yang akan dikawinkan akan merasa dirinya melakukan proses perkawinan dan kelinci tersebut akan merasa sel telurnya di buahi .

Saat kelinci betina anda terkena hamil semu ini kelinci betina anda akan menolak jika akan di kawinkan dengan kelinci pejantan , setelah kelinci betina yang terkena hamil semu itu merasa umur kehamilan mencapai 30 hari kelinci tersebut akan mencabuti bulunya lalu merasa bingung dan stress . 

Kelinci yang sudah terkena hamil semu ini akan merasa sulit untuk hamil , dan untuk mengembalikannya ke kelinci yang normal sebaiknya anda memberikan kandang yang normal dan memberikan vitamin untuk penyuburnya .

Untuk menghindari hal tersebut untuk anda yang mempunyai kandang yang bertingkat usahakan untuk setiap baris adalah kelinci yang sama jenis kelaminnya . Seperti contoh pada baris pertama atau tingkat pertama sebaiknya diberikan untuk kandang kelinci betina semua dan untuk yang dibawahnya sebaiknya kelinci pejantan untuk memudahkan anda mengkawinkan kelinci dan mencegah kelinci betina anda mengalami hamil palsu atau hamil semu .

Cara Agar Kelinci Cepat Hamil

Sebelum anda mengkawinkan kelinci anda sebaiknya anda harus tahu caranya yaitu dengan menaruh kelinci betina pada kandang kelinci jantan jangan terbalik karena jika terbalik kelinci jantan akan merasa malu karena itu buka di kandangnya dan hal tersebut akan membuat kelinci betina anda hamil lebih lama atau malah tidak hamil sama sekali .

Jika kelinci betina di taruh di kandang kelinci jantan maka kelinci jantan akan merasa dirinya berkuasa dan mempunyai kepercayaan diri . Sebaiknya setelah melakukan proses perkawinan anda sebaiknya memisahkan kelinci betina anda ke kandang khusus karena kelinci betina saat hamil akan berubah agresif dan galak anda jangan khawatir karena itu merupakan ciri2 kelinci hamil .

Jika kelinci anda sudah mulai gelisah dan mulut sudah kemerahan itu berarti ciri kelinci hamil 1 minggu yang berarti sudah ada janin di kelinci betina anda .

Kandang Kelinci Hamil

Kandang Kelinci Nesbox

Gambar Kandang Kelinci Nesbox

Jika kelinci betina anda sudah hamil sebaiknya pisahkan dari kelinci pejantan dan masukan pada kandang khusus yang di dalamnya terdapat box tempat induk untuk melahirkan dan box tersebut biasa disebut dengan nesbox . Dengan reproduksi kelinci yang sangat tinggi usahakan anda membuat nesbox yang lumayan besar berkisar 40 cm x 25 cm x 30 cm dan berikan juga beberapa jerami atau rumput kering di dalam nesbox tersebut agar kelinci merasa bahwa itu adalah sarang untuk melahirkan anaknya . Untuk kelinci hamil berapa bulan adalah 1 bulan dan bisa lebih 1 atau 3 hari dan lebih tepatnya 30 sampai 34 hari .

Tips Agar Kelinci Hamil Cepat

Agar anda bisa mendapatkan kelinci yang bisa hamil dengan cepat saya akan memberikan beberapa tips untuk anda . Sebelum melakukan perkawinan lebih baik anda perhatikan umur kawin dari kelinci yang jantan maupun betina , untuk jantan berumur 5 bulan dan untuk  yang betina sebaiknya 6 bulan keatas . Walaupun sebenarnya kelinci pada umur 3 sampai 4 bulan sudah keluar hormon seksualnya namun kelinci tersebut belum dewasa .

Anda harus mengetahui silsilah dari kelinci yang akan dikawinkan karena itu sangat berpengaruh untuk mendapatkan kelinci yang unggul dan bagus . Jika anda tidak mengetahuinya perkawinan anda akan menjadi inbreeding atau perkawinan sedarah yang mengakibatkan anak dari kelinci tersebut akan cacat . Dan perhatikan juga waktu anda ingin mengawinkan kelinci anda sebaiknya dalam kondisi sejuk dan kondisi dingin seperti jam 6 sampai 7 pagi atau jam 5 sampai 6 petang agar perkawinan yang akan anda lakukan itu berhasil .

Ciri Kelinci Hamil Muda

Sebenarnya ciri kelinci hamil muda ini sama dengan ciri kelinci hamil pada umumnya Seperti akan merasa lebih galak dan agresif , tidak ingin dikawinkan lagi oleh kelinci pejantan , nafsu makan yang akan lebih banyak , mulai merusak kandang dengan seperti menggali tanah pada kandang , lebih mudah stres , dan akan merasa lebih buncit atau perut membesar oada kelinci . Jika hal tersebut ada pada kelinci betina anda berarti kelinci anda mengalami hamil muda dan sebaiknya berikan kandang khusus untuk kelinci betina anda agar kelinci anda tidak merasa stress .

Itulah artikel yang mengulas tentang kelinci hamil semoga anda bisa lebih baik dalam merawat kelinci hamil anda dan anda akan mendapatkan anakan kelinci yang unggul . Sekian dan Terima Kasih .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *