Cara Ternak Kelinci

By | 8 Juni 2018

Cara Ternak Kelinci – Bagi anda yang ingin memulai berbisnis kelinci ini adna bisa memulainya dengan berternak kelinci. Untuk mengawali berternak kelinci ini anda sebaiknya harus menyiapkan budget yang lebih karena untuk berternak kelinci akan berbeda dengan memeliahara kelinci. Apa lagi bagi pemula pasti akan susah untuk memulai karena kelinci mudah sekali terkena kematian.

cara ternak kelinci

Gambar Kandang Kelinci Ternakan

Untuk awal anda sebaiknya memilih akan berternak kelinci pedaging atau kelinci hias, atau malah anda ingin langsung kedua – duanya. Namun untuk langsung kedua – duanya mungkin anda akan kewalahan dalam mengurusinya karena kelinci pedaging dan kelinci hias berbeda cara perawatannya. Kali ini saya akan membagikan cara ternak kelinci yang baik jadi anda harus membacanya untuk mengawali anda untuk berternak.

Cara Ternak Kelinci

Untuk memulai berternak anda sebaiknya mempunyai kandang kelinci karena kandang adalah aspek yang penting dalam berternak. Anda bisa memilih jenis – jenis kandang seperti kandang bertingkat, kandang dari kawat galvanis, dan laininya. Para peternak biasanya membuat kandang bertingkat untuk meminimalisir lahan yang sempit dan anda bisa membuat kandang untuk banyak kelinci.

  1. Jika anda ingin membuat kandang dalam ruangan sebaiknya kandang tersebut sejuk, suhu ideal, dan juga sirkulasi udaranya bagus. Untuk suhu ideal kelinci adalah 21 derajat celsius, pencahayaan juga harus baik, yang terpenting adalah kelinci harus terhindar dari predator. Pada intinya anda harus membuat kandang kelinci yang nyaman, aman, dan juga bersih. 
  2. Anda juga harus memisahkan beberapa kandang seperti kandnag induk, kandang induk / kelinci dewasa dan anaknya, kandang pejantan untuk kandang pejantan harus lebih besar karena kandang pejantan biasanya nanti untuk di gunakan sebagai kandnag proses perkawinan, kandang anak lepas kelinci. Untuk menghindari perkawinan awal anda bisa pisahkan kelinci jantan dan kelinci betina.
  3. Lalu anda harus siapkan pakan untuk kelinci anda. Biasanya para peternak yang sudah handal atau sudah lama memberi pakannya dengan mengkombinasi beberapa makanan seperti sayuran, buah, dan vitamin lalu semua dicampurkan dan di berikan ke kelinci. Hal tersebut karena jika peternak membeli pelet pasti akan membutuhkan budget yang lebih.
  4. Tetapi untuk pemula sebaiknya membeli pelet saja, dan pelet yang mempunyai harga murah dan bisa untug para para peternak kelinci pedaging biasanya membeli pelet Guyofeed. Karena pakan pelet guyofeed ini merupakan pakan pelet yang murah dengan harga 300 untuk  1 kg. Pelet guyofeed ini juga sering digunakan peternak untuk menggemukan kelinci.
  5. Waktu pemberian pakan sangatlah penting untuk kelinci hias dan kelinci pedaging sebaiknya diberikan pakan pada pagi dan sore hari, jangan menyatukan pakan pelet dengan sayuran dalam 1 kali pemberian. Lebih baik untuk pagi hari anda memberikan pelet untuk kelinci dan di sore harinya anda sudah memberikan pakan sayuran yang sudah dikeringkan.

Pilihlah bibit atau indukan yang bagus untuk kelinci anda karena indukan yang bagus akan menghasilkan anakan yang unggul juga. Jika anda ingin berternak dengan tujuan budidaya kelinci maka anda harus memperhatikan indukan yang mempunyai potensi indukan yang baik dan bulu yang sangat baik juga. Intinya kelinci indukan harus tidak cacat dan mempunyai fertilisasi yang baik.

Cara Ternak Kelinci Pemula

Untuk cara beternak kelinci untuk pemula sebaiknya pemberian pakan bisa menggunakan pelet saja, jika sudah mahir dan sudah lama anda bisa menggunakan pakan yang bisa anda buat dengan sayuran, buah, dan vitamin yang di campur. Untuk pemula sebaiknya anda memilih ingin berternak apa sebelum memulai misal anda ingin berternak kelinci untuk diambil dagingnya anda bisa menggunakan kelinci ras chincilla dan carolina.

Jika ingin berternak kelinci dengan mengambil bulu dan kulit anda bisa berternak kelinci rex dan silver, tetapi jika ingin berternak kelinci untuk diambil daging dan kulit anda bisa memilih kelinci flemish giant dan new zealand white. Untuk anda yang ingin berternak kelinci hias anda bisa memilih jenis kelinci lop, polish, dan netherland dwarf.

Anda juga harus bisa mengetahui umur kelinci yang siap untuk di kawinkan, kelinci yang siap untuk dikawinkan adalah kelinci yang sudah berumur 5 sampai 6 bulan untuk betina dan untuk kelinci jantan berumur 6 bulan sampai 8 bulan. Untuk mengkawinkan kelinci juga harus anda ketahui seperti menaruh kelinci betina pada kandang betina dan sebaiknya jangan terbalik karena kelinci jantan akan malu jika berada di kandang kelinci betina.

Cara Ternak Kelinci Pedaging

Untuk berternak kelinci pedaging ini anda harus siapkan pakan yang pas karena kelinci pedaging ini perlu asupan pakan yang besar untuk menjadi lebih besar dan mempunyai banyak dagiing. Untuk pakan hijauan anda bisa memberikan rumput gajah, rumput lapangan, dan sayuran seperti kol, sawi, kangkung dan kacang. Anda juga bisa memberikan kelinci pedaging anda biji – bijian seperti jagung, kacang hijau, dan padi.

Untuk bisa mencapai target berat badan yang tepat untuk kelinci pedaging yang akan anda budidaya biasanya para peternak menggunakan tambahan nutrisi seperti Viterna, Poc nasa, dan harmoni. pemberian nutrisi ini bisa melalui air minum yang akan diberikan kepada kelinci pedaging.

Cara Ternak Kelinci Hias

Banyak cara ternak kelinci lokal tetapi untuk kelinci hias ini lumayan sangat sulit dan perlu perhatian extra. Karena berternak kelinci hias ini perlu yang namanya bibit atau indukan kelinci yang sangat bagus dan unggul karena akan mempengaruhi hasil dari anakan tersebut. Jadi anda harus memilih kelinci hias indukan yang akan dijadikan bibit untuk menghasilkan anakan yang baik.

Jika sudah anda harus memberikan perawatan khusus untuk kelinci hias indukan anda seperti pemberian makan yang cukup dan jangan sampai berlebih dan menyebabkan kelinci hias mengalami kegemukan, pembersihan dan sanitasi kandang juga harus diperhatikan karena jika kelinci hias indukan anda mengalami penyakit maka keturunannya akan tidak baik, dan jangan sampai ada gangguan dari luar kandang.

Setelah melahirkan dan menghasilkan anak sebaiknya anda perhatikan kandangnya harus bersi dan steril, anda juga harus sering memperhatikan kelinci hias anda karena jika sudah terjangkit penyakit anda harus sigap dalam menanganinya dan jangan sampai kelinci hias tersebut mati, dan jika sudah berumur 7 minggu sampai 8 minggu anda bisa membuatkan kandangnya sendiri.

Cara Ternak Kelinci Anggora

Untuk berternak kelinci anggora ini anda harus memperhatikan bulunya karena jika kelinci anggora mempunyai bulu yang terlalu panjang akan menyebabkan bulu menggumpal atau yang lebih parah kelinci anggora akan tidak sengaja makan bulunya sendiri dan akan menyebabkan sistem pencernaan kelinci anggora akan rusak dan bisa saja kelinci anggora anda terkena mencret.

Untuk cara membuat bulu kelinci anggora lebat anda bisa memberikan pakan protein untuk kelinci anggora anda, karena pakan yang mempunyai kandungan protein ini bisa sanggup mencukupi kebutuhan folikel untuk bulu kelinci anggora. Pakan protein ini juga mampu menjaga bulu kelinci anggora anda tetap bagus, lebat, dan juga halus.

Sekian penjelasan cara ternak kelinci semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda dan anda bisa memulai untuk berternak kelinci. Terima Kasih.

Yang kamu cari :

    ternak kelinci, cara ternak kelinci, kandang ternak kelinci, ukuran sarang kelinci, beternak kelinci, cara budidaya kelinci, cara beternak kelinci, budi daya kelinci, cara memulai beternak kelinci, gambar kandang kelinci yang ideal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *