Cara Merawat Kelinci

By | 8 Juni 2018

Cara Merawat Kelinci – Hewan kelinci ini biasanya dijadikan sebagai kelinci peliharaan karena kelinci ini mempunyai sifat yang sangat manja dan juga sangat lucu jadi tidak sedikit orang menyukai hewan kelinci ini. Bukan hanya di pelihara kelinci ini juga banyak sekali yang di budidaya untuk di ambil dagingnya dan diolah lalu di konsumsi.

Cara Merawat Kelinci

Gambar Kelinci

Untuk bisa mendapatkan kelinci yang mempunyai kualitas terbaik anda tidak harus membeli kelinci dengan harga mahal atau dengan bibit yang terbaik. Jika ingin mendapatkan kelinci yang sangat terawat, bersih, dan yang terpenting adalah kelinci tersebut tidak mudah mati anda harus mengerti apa perawatan yang terbaik untuk kelinci anda karena berbeda jenis berbeda cara merawatnya juga.

Cara Merawat Kelinci

Untuk para pemelihara kelinci yang sudah lama pasti sudah tahu bagaimana cara merawat kelinci dan menurut saya merawat kelinci ini tidak terlalu sulit. Tetapi untuk para pemula pasti akan timbul pertanyaan bagaimana cara merawat kelinci? Jika anda termasuk yang masih bingung dengan cara merawat kelinci saya akan membagikan cara untuk merawat kelinci.

  1. Hal yang paling utama dalam merawat kelinci adalah anda harus menyediakan sebuah tempat untuk kelinci anda tinggal atau untuk tempat kelinci anda. Tempat untuk tinggal kelinci juga harus nyaman dan juga harus bisa melindungi kelinci dari predatornya. Usahakan kelinci tidak stress dengan tempat tinggalnya karena jika kelinci stress kelinci bisa saja mati. 
  2. Berikan juga di kandang kelinci anda sebuah alas agar kelinci bisa dengan nyaman di kandang. Jangan memberikan alas kandang yang tidak rata karena kaki kelinci akan mudah terkena scabiosis atau kaki kelinci akan bengkak. Anda juga harus memberikan tempat untuk membuang kotoran agar kelinci tidak membuang kotoran dengan sembarangan dan anda juga mudah untuk membuang kotoran kelinci.
  3. Anda juga harus memberikan beberapa mainan di kandang kelinci anda agar kelinci anda tidak merasa bosan jika hidup di kandang, anda juga bisa memberikan terowongan untuk bersembunyi kelinci karena pada umumnya kelinci di alam liar sangat suka bersembunyi di terowongan atau membuat liang di bawah tanah untuk bersembunyi dari predator.
  4. Pemberian makanan pada kelinci ini juga harus diperhatikan karena kelinci membutuhkan asupan yang pas untuk hidupnya. Yang lebih penting lagi adalah saat kita memberikan makanan kita harus memperhatikan apa yang akan diberikan ke kelinci kita jadi jangan berlebihan juga saat memberikan ke kelinci kita karena kelinci akan gendut dan susah bergerak.

Memberikan makanan yang seimbang dan juga jangan lupa memberikan kelinci anda vitamin dan beberapa makanan yang menyehatkan seperti sayuran. Jika anda ingin memberikan sayuran ke kelinci anda saya sarankan untuk mengeringkannya terlebih dahulu karena jika anda memberikan makanan yang mempunyai banyak kandungan air maka kelinci akan mudah mencret.

Cara Merawat Kelinci Anggora

Untuk memelihara kelinci anggora anda harus bisa merawatnya dengan baik dengan bulunya yang sangat lebat anda harus memperhatikan bulunya dengan khusus, kelinci anggora yang mempunyai bulu banyak bisa saja memakan bulunya sendiri tanpa sengaja karena bisa saja tertelan sendiri. Jadi jika anda mempunyai kelinci anggora dengan bulu yang lebat sebaiknya anda menyisirnya agar bulu yang menggumpal terlepas.

  • Jika anda mempunyai kelinci anggora yang besar anda harus mempunyai kandang yang sangat besar untuk kelinci anggora anda, dan cara merawat kelinci kecil anggora and hanya tinggal memberikan kandang yang lumayan kecil dan juga anda harus memberikan perhatian khusus dengan memberikan asupan yang bagus dan juga jangan lupa usahakan kelinci kecil anggora anda tidak stress. 
  • Berikanlah makanan yang baik untuk kelinci anggora ini seperti sayuran, pelet, dan juga vitamin. Kelinci anggora ini juga butuh perawatan di kandangnya karena kandang kelinci anggora ini perlu di bersihkan jika tidak dibersihkan bisa saja kotoran yang ada di kandang kelinci anggora anda masuk ke bulu kelinci anggora dan menyebabkan kelinci anggora anda mengalami penyakit kulit.
  • Jika ingin memandikan kelinci anggora sebaiknya anda menggunakan sampo yang khusus untuk kelinci dan untuk mengeringkan juga harus khusus dengan memberikan handuk yang halus, setelah memberikan handuk yang halus anda bisa mengeringkan kembali dengan hairdrayer dengan level rendah. Memandikannya cukup dengan membasahinya menggunakan air hangat.

Jika kelinci anggora anda mengalami penyakit anda harus segera memberikan kelinci anda obat agar penyakit yang diderita kelinci anggora anda tidak semakin parah dan kelinci anda bisa sembuh dari penyakit tersebut. Jika sudah terlanjur parah anda bisa membawanya ke dokter hewan agar kelinci anggora anda diperiksa dan diberikan obat sesuai dengan apa yang diderita.

Cara Merawat Kelinci Dengan Baik

Untuk cara merawat kelinci baru lahir anda harus sangat memberikan perhatian khusus agar kelinci yang baru lahir tidak langsung mati. Setiap pagi anda harus sering mengecek kelinci yang baru lahir dan usahakan anda selalu mengelus – elus bagian bawah kelinci atau tepatnya di bagian perutnya karena jika bagian perut hangat berarti kelinci yang baru lahir sudah di berikan susu.

Jika anda masih ragu anda bisa menimbang anak kelinci yang baru lahir setiap hari dan usahakan anda mencatat semuanya agar jika anak kelinci yang baru lahir mengurangi kekurangan berat badan maka anda bisa memberikan susu sendiri untuk anak kelinci yang baru lahir tersebut.

Sering juga indukan dari kelinci yang melahirkan tersebut bisa menjadi kanibal dan memakan anaknya sendiri. Walaupun jarang ada namun bisa saja terjadi jika asupan makanan pada indukan kelinci yang anda berikan kurang maka indukan kelinci akan stress, karena indukan kelinci yang baru melahirkan dan dalam proses menyusui perlu asupan makanan yang lebih.

Bagi anda yang mempunyai kelinci lop ada pun cara merawat kelinci holland lop yang baik agar anda bisa merawat kelinci lop yang notabene mudah sekali mati. Mudahnya kelinci holland mati ini karena kelinci holland ini mudah sekali stress dengan cuaca yang dingin maupun panas kelinci holland bisa saja mati jadi anda haru sangat berhati – hati jika memelihara kelinci holland lop ini. Jika anda baru memelihara kelinci holland lop ini usahakan bertanya dan konsultasi pada para peternak holland lop.

Kelinci holland lop ini juga mudah sekali moulting atau bulu mudah rontok dan jika sedang mengalami moulting ini kelinci holland lop sangatlah parah jadi anda juga harus membantunya dengan memberikan vitamin untuk mengurangi bulu yang rontok dan mempercepat kelinci holland lop agar bisa sembuh dari moulting.

Sekian ulasan dari artikel cara merawat kelinci ini semoga anda bisa lebih menyayangi kelinci anda dan anda bisa merawat kelinci anda dengan benar dan kelinci anda juga tidak mudah mati. Terima Kasih.

Yang kamu cari :

    cara merawat anak kelinci agar cepat besar, Cara merawat anak kelinci, cara merawat anakan kelinci anggora agar hidup sampai besar, cara merawat kelinci pedaging, cara merawat kelinci yg benar, cara merawat kelinci agar, Agar anak kelinci cepat besar, cara memelihara kelinci biar cepat besar, Anakan kelinci biar cepet besar, supaya kelinci cepat besar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *