Menu Tutup

Cara Mengobati Kelinci Mencret

Cara Mengobati Kelinci Mencret – Mempunyai hewan peliharaan seperti kelinci ini memang sangat menyenangkan karena kelinci merupakan hewan peliharaan yang sangat manja dan juga menggemaskan, dengan bulu yang halus dan telinga yang panjang yang sudah menjadi ciri khasnya membuat kelinci ini sangat digemari oleh banyak sekali orang dan juga kelinci ini menjadi sangat populer.

Cara Mengobati Kelinci Mencret
Gambar Kelinci

Dengan anda yang ingin memelihara kelinci ini sebaiknya anda harus bisa merawatnya dengan benar dari kebersihan , kenyamanan , dan juga keamanan agar kelinci yang anda pelihara hidup dengan usia yang panjang. Merawat kelinci juga bukan hanya membersihkannya saja namun anda juga harus memperhatikan makanannya karena kelinci mempunyai sistem pencernaan yang lemah.

Cara Mengobati Kelinci Mencret

Kelinci yang sedang mengalami mencret biasanya akan mempunyai ciri – ciri atau gejala awal saat atau sedang terkena mencret. Ciri tersebut biasanya kelinci akan merasa lemas lalu kelinci tidak bergerak agresif seperti biasanya , pada mata kelinci akan terlihat seperti menutup, dengan terkena mencret kelinci akan mengalami penurunan nafsu makan yang akan mengakibatkan kelinci malas makan.

  • Ada ciri – ciri lain seperti bulu pada kelinci akan terlihat pucat atau kurang cerah, kaki depan kelinci akan diselonjorkan ke depan karena kelinci sedang menahan perut yang sakit, jika kelinci mengalami mencret kelinci akan mengeluarkan suara gigi yang sengaja di adukan dan itu bisa di indikasikan kelinci sedang terkena mencret ataupun diare. 
  • Ada juga faktor kenapa kelinci anda mengalami mencret yaitu kandang yang kurang terawat dan jarang di bersihkan, kelinci yang jarang dimandikan atau kelinci anda bulunya yang terlalu panjang lalu termakan oleh kelinci, dan yang paling sering adalah makanan yang anda berikan kurang bersih atau anda terlalu banyak memberikan kelinci anda makanan yang mempunyai kandungan air yang banyak.

Jangan anda berikan pelet yang sudah kadaluarsa ke kelinci anda karena kelinci anda akan mengalami diare, anda juga harus mengecek apakah pelet yang akan diberikan ke kelinci anda sudah berjamur atau belum karena walaupun pelet tidak kadaluarsa biasanya terdapat jamur yang bisa menyebabkan kelinci mengalami penyakit diare atau pun mencret.

  1. Jika anda ingin memberikan sayuran ke kelinci anda usahakan jemur dahulu sayuran yang akan diberikan karena untuk mengurangi kandungan air yang ada di sayuran tersebut dan kelinci juga akan terhindar dari penyakit mencret karena kelinci sebenarnya mempunyai sistem pencernaan yang sangat lemah jadi mudah sekali untuk terkena mencret untuk kelinci. 
  2. Kelinci yang mengalami mencret juga bisa saja dikarenakan kelinci tersebut sedang stress dengan cuaca yang ada di kandang, kandang yang terlalu ramai, dan juga adanya predator di sekitar kandang.Pada umumnya dengan kelinci yang mempunyai pencernaan yang sangat lemah karena kelinci mempunyai 1 usus besar untuk pencernaan dan kelinci tidak memiliki lambung seperti hewan pada umumnya.
  3. Untuk mengatasi kelinci yang sedang diare atau mencret ini anda bisa sering membersihkan kandang dari kelinci anda dan anda juga memperhatikan asupan makanan yang anda berikan ke kelinci.Jika sudah terkena mencret anda bisa memberikan makanan yang lebih padat seperti pelet dan anda juga bisa memijat perut kelinci anda dengan pelan, jika masih saja mencret anda bisa membelikan obat mencret khusus kelinci.

Selain mencret kelinci mempunyai banyak penyakit lainnya seperti mucoid enteropathy yang merupakan diare yang ada lendir yang bercampur, kelinci yang mengalami penyakit ini biasanya kelinci mengalami stress karena kelinci telah melakukan perjalanan jauh, gangguan predatornya dari luar, dan adanya suara gaduh. Untuk mengobatinya anda bisa memberikan obat untuk kelinci anda.

Cara Mengobati Kelinci Mencret Secara Alami

Kelinci yang mencret harusnya anda cepat untuk menyembuhkannya oleh karena itu anda harus tahu ciri -ciri kelinci mencret adalah lihatlah kotoran kelinci anda jika encer berarti kelinci anda mengalami mencret, kelinci juga akan terlihat lebih lemas, mata kelinci juga akan terlihat sayu dan tidak terlihat segar, perut dari kelinci yang sedang mencret juga terliahat lebih besar, nafu makan dari kelinci akan berkurang, kelinci suhunya akan rendah.

Walaupun penyakit mencret dan kembung berbeda tetapi untuk ciri – ciri hampir sama dan prosesnya hampir bergantian dan saling berhubungan. Kelinci yang mengalami mencret juga bisa disebabkan kelinci makan – makanan sembarangan jadi kelinci mengalami mencret.

  1. Untuk menghindari kelinci tersebut anda bisa memberikan makanan yang lebih padat seperti pelet, dan juga jangan lupa dengan serat karena untuk melancarkan pencernaan kelinci memerlukan serat namun pilihlah makanan serat yang mempunyai kandungan air yang sedikit dengan cara menjemur makanan kelinci tersebut sampai layu agar kelinci bisa memakannya lebih aman. 
  2. Untuk cara mengobati kelinci diare secara alami anda bisa melakukan pemijatan ke kelinci pada bagian usus atau perutnya karena kelinci mengalami kembung dan juga mencret dikarenakan masalah pada proses pencernaan.Anda juga memberikan pakan alami seperti pepaya dan daun jambu karena makanan tersebut bisa membuat kelinci mempunyai pencernaan yang alami.

     

  3. Anda bisa juga memberikan kelinci anda ramuan tradisional yang biasa di gunakan oleh para peternak kelinci untuk kelinci yang sedang kembung maupun mencret bahan tradisional tersebut adalah jahe, bawang putih, dan juga temulawak yang biasanya dijadikan obat kelinci mencret tradisional.Dengan bahan – bahan tadi anda tinggal menumbuknya dan mencampurkannya lalu campurkan gula merah lalu rebus dan saring untuk di ambil airnya dan anda bisa memberikan ke kelinci anda saat masih hangat.
  4. Anda juga bisa memberikan kelinci anda obat intertim oral dari mulut kelinci anda, namun jika kelinci lemas untuk membuka mulut pasti kelinci akan sulit untuk mencerna obat intertim oral dari mulut jadi and bisa menyuntikan intertim oral ini ke kelinci anda yang bisa anda temukan obat intertim oral ini di toko hewan maupun pasar hewan tapi anda juga bisa menemukannya di peternakan kelinci yang besar.

Untuk kelinci yang mengalami kembung anda bisa memberikan permethyl 5% atau enroten (TMC) dan juga anda bisa memberikan rebung.

Obat – obat tadi yang sudah saya bagikan ke anda semuanya aman untuk kelinci anda selama anda memberikannya sesuai dengan takarannya, jika bingun anda bisa membawanya ke dokter hewan agar dokter hewan yang memberikan takaran yang pas atau anda bisa ke peternakan kelinci untuk bertanya ke peternak kelinci bagaimana merawat kelinci dan memberikan obat ke kelinci yang mengalami kembung dan mencret.

Sekian penjelasan dari artikel cara mengobati kelinci yang mencret semoga anda bisa lebih menjaga kelinci anda dari berbagai penyakit yang bisa menyerang kelinci anda dan anda bisa merawatnya lebih baik lagi agar kelinci anda juga bisa hidup lebih lama lagi, dan ingat juga bagaimana cara mengobatinya agar anda tanggap saat kelinci anda mengalami sakit mencret. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *